Boladunia

Giovani dos Santos, Eks Wonderkid Barcelona yang Kini Nganggur di Usia 33 Tahun

Giovani dos Santos terakhir kali bermain untuk tim Meksiko, Club America pada 2021.

Rauhanda Riyantama

Giovani dos Santos saat bermain untuk Barcelona. (AFP)
Giovani dos Santos saat bermain untuk Barcelona. (AFP)

Bolatimes.com - Sempat digadang-gadang sebagai The Next Ronaldinho saat masih bermain untuk Barcelona, nasib Giovani dos Santos di usianya yang masih 33 tahun sudah merana.

Dipenuhi konflik dan kontroversi, karier Giovani dos Santos sudah berada di persimpangan jalan pada usianya yang kini masih menginjak usia 33 tahun.

Giovani dos Santos kini berakhir tanpa klub, bahkan kondisi ini sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun setelah membela klub terakhirnya Tlaxcala.

Klub asal negaranya, Meksiko hingga musim panas 2021 dan diperkirakan penampilannya tidak mungkin terlihat lagi di level tertinggi.

Karier yang awalnya menjanjikan dan terkadang banyak digadang-gadang menjadi superstar, namun saat ini memudah bahkan jatuh ke dalam lubang kegelapan.

Dos Santos merupakan pemain serba bisa, mengisi posisi gelandang, pemain sayap hingga striker dan bahkan rajin mencetak gol-gol cantik.

Bukan tanpa alasan penampilan Dos Santos menjanjikan, pemain asal Meksiko ini merupakan jebolan akademi La Masia sejak usianya masih 13 tahun.

Sempat membintangi level Juvenil sebelum debut di Barcelona B di usianya yang masih 18 tahun, hingga Dos Santos melakoni debut untuk tim utama pada September 2007.

Laga terakhir musim itu, Dos Santos sukses mencetak hattrick saat Barcelona membantai Real Murcia dengan skor akhir 5-3.

Awal yang diprediksi bakal mengukuhkan statusnya, namun justru menjadi tanda berakhirnya karier Dos Santos di Camp Nou.

Dos Santos kalah bersaing dengan Lionel Messi dan juga Bojan Krkic hingga membuat pemain asal Meksiko itu lebih sering duduk di bangku cadangan.

Tersingkir dari Barcelona, Dos Santos mencoba peruntungan di Liga Inggris bersama Tottenham Hotspur meskipun penampilannya bisa dibilang gagal.

Hingga berakhir dengan status pemain pinjaman ke Ipswich, Galatasaray hingga Real Santander, Harry Redknapp pun bahkan membongkar aib Dos Santos.

Hingga membuat sang pemain kembali ke Spanyol, bergabung dengan Real Mallorca pada 2012 dengan status bebas transfer sebelum pindah ke Villarreal.

Kembali gagal ke performa terbaiknya, di usianya yang ke-26 tahun Dos Santos hijrah ke Amerika Serikat dan bergabung dengan LA Galaxy.

Penampilannya sempat membaik dan bahkan masuk nominasi Ballon d'Or di tahun 2015, sebelum pada 2019 dilepas oleh salah satu klub kondang MLS itu.

Setelah itu, Dos Santos pulang kampung ke negaranya Meksiko. Ia gabung Club America hingga 2021. Setelahnya itu ia kini nganggur tanpa klub.

Puncak pencapaian internasional Dos Santos terjadi di tahun 2012, saat Meksiko meraih medali emas Olimpiade London.

Ia sukses mencetak tiga gol, termasuk membawa kemenangan besar di perempat final melawan Senegal di babak perpanjangan waktu.

Dos Santos juga bermain di tiga Piala Dunia bersama Meksiko, meskipun tak berhasil memecahkan kutukan di babak 16 besar dan sudah menghantui negaranya sejak 1994.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini