Giovani dos Santos, Eks Wonderkid Barcelona yang Kini Nganggur di Usia 33 Tahun

Giovani dos Santos terakhir kali bermain untuk tim Meksiko, Club America pada 2021.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:00 WIB
Giovani dos Santos saat bermain untuk Barcelona. (AFP)

Giovani dos Santos saat bermain untuk Barcelona. (AFP)

Bolatimes.com - Sempat digadang-gadang sebagai The Next Ronaldinho saat masih bermain untuk Barcelona, nasib Giovani dos Santos di usianya yang masih 33 tahun sudah merana.

Dipenuhi konflik dan kontroversi, karier Giovani dos Santos sudah berada di persimpangan jalan pada usianya yang kini masih menginjak usia 33 tahun.

Giovani dos Santos kini berakhir tanpa klub, bahkan kondisi ini sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun setelah membela klub terakhirnya Tlaxcala.

Baca Juga: Kalah Beruntun, Persis Solo Fokus Matangkan 3 Hal Jelang Lawan Bhayangkara FC

Klub asal negaranya, Meksiko hingga musim panas 2021 dan diperkirakan penampilannya tidak mungkin terlihat lagi di level tertinggi.

Karier yang awalnya menjanjikan dan terkadang banyak digadang-gadang menjadi superstar, namun saat ini memudah bahkan jatuh ke dalam lubang kegelapan.

Dos Santos merupakan pemain serba bisa, mengisi posisi gelandang, pemain sayap hingga striker dan bahkan rajin mencetak gol-gol cantik.

Baca Juga: Alexandre Polking Bongkar Penyebab Sepak Bola Thailand Kalah dari Vietnam

Bukan tanpa alasan penampilan Dos Santos menjanjikan, pemain asal Meksiko ini merupakan jebolan akademi La Masia sejak usianya masih 13 tahun.

Sempat membintangi level Juvenil sebelum debut di Barcelona B di usianya yang masih 18 tahun, hingga Dos Santos melakoni debut untuk tim utama pada September 2007.

Laga terakhir musim itu, Dos Santos sukses mencetak hattrick saat Barcelona membantai Real Murcia dengan skor akhir 5-3.

Baca Juga: Jordi Amat Ikut Sesi Latihan JDT di Liga Champions Asia, Bakal Lakoni Debut?

Awal yang diprediksi bakal mengukuhkan statusnya, namun justru menjadi tanda berakhirnya karier Dos Santos di Camp Nou.

Dos Santos kalah bersaing dengan Lionel Messi dan juga Bojan Krkic hingga membuat pemain asal Meksiko itu lebih sering duduk di bangku cadangan.

Tersingkir dari Barcelona, Dos Santos mencoba peruntungan di Liga Inggris bersama Tottenham Hotspur meskipun penampilannya bisa dibilang gagal.

Baca Juga: 3 Pemain yang Lakoni Debut Terburuk Sepanjang Sejarah, Ada Eks Real Madrid

Hingga berakhir dengan status pemain pinjaman ke Ipswich, Galatasaray hingga Real Santander, Harry Redknapp pun bahkan membongkar aib Dos Santos.

Hingga membuat sang pemain kembali ke Spanyol, bergabung dengan Real Mallorca pada 2012 dengan status bebas transfer sebelum pindah ke Villarreal.

Kembali gagal ke performa terbaiknya, di usianya yang ke-26 tahun Dos Santos hijrah ke Amerika Serikat dan bergabung dengan LA Galaxy.

Penampilannya sempat membaik dan bahkan masuk nominasi Ballon d'Or di tahun 2015, sebelum pada 2019 dilepas oleh salah satu klub kondang MLS itu.

Setelah itu, Dos Santos pulang kampung ke negaranya Meksiko. Ia gabung Club America hingga 2021. Setelahnya itu ia kini nganggur tanpa klub.

Puncak pencapaian internasional Dos Santos terjadi di tahun 2012, saat Meksiko meraih medali emas Olimpiade London.

Ia sukses mencetak tiga gol, termasuk membawa kemenangan besar di perempat final melawan Senegal di babak perpanjangan waktu.

Dos Santos juga bermain di tiga Piala Dunia bersama Meksiko, meskipun tak berhasil memecahkan kutukan di babak 16 besar dan sudah menghantui negaranya sejak 1994.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak