Boladunia

Belum Terpecahkan, Berikut 3 Pesepak Bola yang Pernah Tampil di 5 Edisi Piala Dunia

Hingga kini baru ada 3 pesepak bola yang berhasil tampil di lima edisi Piala Dunia berbeda.

Rauhanda Riyantama

Rafael Marquez (Sumber: Twitter)
Rafael Marquez (Sumber: Twitter)

Bolatimes.com - Berikut deretan pesepak bola yang memiliki rekor mencengangkan dan belum bisa dipecahkan hingga saat ini, yakni tampil di 5 edisi Piala Dunia.

Piala Dunia selalu menghadirkan rekor-rekor tak masuk akal. Sederet rekor yang tercipta ini pun terkadang sulit dipecahkan.

Sebagai contoh adalah pelatih termuda sepanjang sejarah Piala Dunia, di mana nama Juan Jose Tramutola masih memegang rekor tersebut hingga saat ini.

Juan Jose Tramutola mampu menjadi pelatih termuda sepanjang sejarah Piala Dunia usai memimpin Timnas Argentina di usia 31 tahun pada Piala Dunia 1930.

Selain rekor Tramutola, ada pula rekor lainnya seperti rekor yang dimiliki legenda Brasil di Piala Dunia, yakni Pele.

Pele masih memegang beberapa rekor yang sulit dipecahkan hingga saat ini. Salah satunya adalah menjadi pencetak gol termuda di Piala Dunia.

Selain itu, Pele juga tercatat sebagai pemain termuda yang mampu mencetak hattrick di Piala Dunia pada edisi 1958 itu.

Tak cukup sampai di situ, Pele juga memegang rekor pengoleksi gelar Piala Dunia terbanyak, yakni sebanyak 3 gelar yang ia dapatkan bersama Brasil pada 1958, 1962, dan 1966.

Selain rekor-rekor tersebut, masih ada beberapa rekor di luar nalar yang tercipta di Piala Dunia seperti pemain yang bisa sampai 5 kali tampil di ajang ini.

Mengingat Piala Dunia digelar 4 tahun sekali, sulit bagi seorang pemain bisa tampil di 5 edisi Piala Dunia yang berbeda.

Meski begitu, ada beberapa pemain yang bisa tampil sebanyak 5 kali di ajang ini. Siapa saja para pemain tersebut? Berikut daftarnya.

1. Rafael Marquez

Kapten Meksiko, Rafael Marquez (Sumber: FIFA)
Kapten Meksiko, Rafael Marquez (Sumber: FIFA)

Rafael Marquez adalah pesepak bola asal Meksiko. Dirinya dikenal karena kiprahnya bersama Barcelona dan kemampuannya menempati beragam posisi di lini pertahanan.

Meski pamornya masih kalah dari legenda Barcelona lainnya, nama Rafael Marquez ternyata tercatat dalam rekor Piala Dunia sebagai salah satu pemain yang bermain di 5 edisi berbeda, yakni pada edisi 2002, 2006, 2010, 2014, dan 2018.

2. Lothar Matthaeus

Lothar Matthaeus (tengah) saat masih bermain bersama Timnas Jerman. (AFP)
Lothar Matthaeus (tengah) saat masih bermain bersama Timnas Jerman. (AFP)

Bergeser ke Jerman, ada nama Lothar Matthaeus yang juga memegang rekor tampil di Piala Dunia di 5 edisi berbeda bersama Jerman.

Pria yang juga legenda Bayern Munchen dan Inter Milan ini tampil di 5 edisi Piala Dunia, yakni pada 1982, 1986, 1990, 1994, dan 1998. Ia pun berhasil membawa Jerman juara pada Piala Dunia 1990.

3. Antonio Carbajal

Antonio Carbajal saat bermain untuk Timnas Meksiko. (AFP)
Antonio Carbajal saat bermain untuk Timnas Meksiko. (AFP)

Rafael Marquez bukan satu-satunya pemain Meksiko yang memiliki rekor tersebut. Masih ada nama penjaga gawang legendaris yakni Antonio Carbajal.

Carbajal merupakan penjaga gawang legendaris Meksiko yang tampil di Piala Dunia pada edisi 1950, 1954, 1958, 1962, dan 1966. Total, pria yang dijuluki El Cinco Copas ini memainkan 11 laga di Piala Dunia dan kebobolan 25 kali.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini