Boladunia

Profil Nguyen Quoc Tuan, Pelatih Timnas Vietnam U-16 yang Sebut Suporter Indonesia Liar

Menurut Nguyen Quoc Tuan, suporter Indonesia cukup liar

Irwan Febri Rialdi

Pelatih tim nasional U-16 Vietnam Nguyen Quoc Tuan (kiri) memberikan pernyataan kepada media usai memimpin skuadnya menghadapi Thailand pada laga semifinal Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (10/8/2022). Pertandingan itu dimenangkan Vietnam 2-0 yang membuat mereka berhak lolos ke final turnamen. (Antara/Michael Siahaan)
Pelatih tim nasional U-16 Vietnam Nguyen Quoc Tuan (kiri) memberikan pernyataan kepada media usai memimpin skuadnya menghadapi Thailand pada laga semifinal Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (10/8/2022). Pertandingan itu dimenangkan Vietnam 2-0 yang membuat mereka berhak lolos ke final turnamen. (Antara/Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, menyoroti suporter Indonesia jelang laga final Piala AFF U-16 2022 yang akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam.

Menurut Nguyen Quoc Tuan, reaksi suporter di setiap negara berbeda-berda. Di Indonesia, kata dia, fans memiliki perilaku yang sedikit lebih liar.

Ini tak lepas dari kejadian yang sempat menimpa pemain Vietnam di Piala AFF U-16 yang mendapat 'serangan' verbal dan lemparan botol.

"Saya pikir budaya suporter di setiap negara berbeda. Di Indonesia, saya pikir sorakan suportermereka terlalu liar, menyebabkan beberapa orang bertindak sedikit berlebihan."

"Kami tentu harus mempersiapkan mental para pemain setiap saat, terutama di awal setiap babak," ungkap Nguyen Quoc Tuan dalam jumpa pers jelang laga seperti dikutip dari laman VFF.

Merasa skuadnya mendapat tekanan dari pendukung tim rival, Nguyen Quoc Tuan berharap penyelenggara turnamen memberikan jaminan keamanan.

"Saya berharap pihak penyelenggara dapat memastikan keamanan pemain Vietnam U1-6, terutama pada tahap persiapan pertandingan. Pada pertemuan sebelumnya, penonton memberikan banyak tekanan pada pemain kami. Semoga panitia bisa memastikan keamanan di belakang gawang Vietnam U-16," sambungnya.

Pelatih yang Kerap Dikritik

Nguyen Quoc Tuan sendiri sejatinya tak punya kiprah mentereng bila dibandingkan pelatih Vietnam lainnya seperti Park Hang-seo di tim senior dan Dinh The Nam di tim U-19.

Meski kalah secara prestasi dibanding kedua nama itu, Nguyen Quoc Tuan dinilai sebagai pelatih berpengalaman di Vietnam.

Sebelum ditunjuk untuk menukangi Vietnam U-16 pada Juni lalu, Nguyen Quoc Tuan tercatat pernah melatih Vietnam U-22.

Tercatat, dirinya pernah menukangi Vietnam U-22 di ajang Piala AFF U-23 pada 2019 lalu, saat Timnas Indonesia keluar sebagai juara.

Di tangannya, Vietnam U-22 mampu lolos ke semifinal, sebelum ditumbangkan oleh Indonesia dan gagal melangkah ke semifinal.

Meski punya kiprah bersama Vietnam U-22, nama Nguyen Quoc Tuan kerap mendapat kritikan dalam periode kepelatihannya.

Sebab, dirinya ditunjuk untuk menggantikan Hoang Anh Tuan. Penunjukkan ini sempat menuai kritikan dari media Vietnam seperti Lao Dong.

Dalam artikelnya yang tayang pada Juli lalu, Lao Dong menuliskan bahwa Nguyen Quoc Tuan harus membuktikan dirinya sebagai pengganti Hoang Anh Tuan.

Sebab, kiprahnya di tim U-22 tak terbilang baik, karena hanya berhasil menempati peringkat ketiga di Piala AFF U-23 2019 lalu.

Sejauh ini tak ada info lebih lanjut mengenai sosok Nguyen Quoc Tuan. Dari media-media ternama Vietnam pun hanya diketahui dirinya dulunya merupakan pelatih tim U-22 dan tim U-16 saat ini.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini