Boladunia

Deretan Pemain Keturunan Indonesia Bela Timnas Malaysia, Terbaru Mulia Sugeharto

Mulia Sugeharto kini dipanggil Timnas Malaysia U-16 yang tampil di Piala AFF U-16 2022.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Malaysia U-16 keturunan Indonesia, Mulia Sugeharto. (Instagram/@_muliahairi)
Pemain Timnas Malaysia U-16 keturunan Indonesia, Mulia Sugeharto. (Instagram/@_muliahairi)

Bolatimes.com - Piala AFF U-16 2022 banyak menghadirkan kejutan, tak terkecuali aksi pemain keturunan Indonesia yang justru memilih bermain untuk negara lain, lagi-lagi Malaysia mendapatkannya.

Pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk negara lain, dalam hal ini Malaysia memang sudah bukan hal yang asing lagi bagi dunia sepak bola Asia Tenggara.

Selain rivalitas di atas lapangan, kondisi keduanya juga berada dalam hubungan yang sangat unik dan kali ini muncul di Piala AFF U-16 2022.

Siapa sangka jika salah satu pemain timnas U-16 Malaysia merupakan sosok yang memiliki keturunan Indonesia, dialah Mulia Sugeharto.

Bernama lengkap Mulia Hairi bin Mulia Sugeharto, sosoknya tengah menjadi perbincangan hangat karena namanya yang sangat identik dengan nama orang Indonesia.

Dugaan bahwa sang pemain memiliki keturunan Indonesia ini dikonfirmasi oleh Instruktur Timnas U-16 Malaysia, Osmera Omaro yang menyebut Mulia memiliki ayah dari Indonesia.

Meski begitu, Mulia lahir dan besar di Malaysia dan karier sepak bola dimulai saat bergabung dengan akademi sepak bola Academy Mokthtar Dahari (AMD).

Lantas siapa saja para pemain keturunan Indonesia yang kini bermain untuk Malaysia? satu pemain lagi merupakan langganan timnas Harimau Malaya, adalah Mahali Jasuli.

Mahali Jasuli merupakan salah satu pemain andalan timnas Malaysia dan pernah membuat Indonesia gigit jari sebanyak dua kali.

Final Piala AFF 2010 dan partai puncak SEA Games 2011, Mahali Jasuli menjelma sebagai momok menakutkan para pemain Indonesia saat itu.

Jasuli memiliki keturunan Indonesia dari orang tuanya, Jazuli dan Masyura yang berasal dari Pulau Bawean, Gresik, pekerjaan kedua orang tuanya di Malaysia membuatnya mendapat kewarganegaraan Malaysia.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini