Boladunia

Bernasib Apes, 5 Pemain Muda Bertalenta Milik Barcelona yang Dibuang ke Klub Lain

Berikut 5 pemain muda Barcelona yang dijual ke klub lain.

Rauhanda Riyantama

Pemain AS Roma, Justin Kluvert dikawal pemain Barcelona, Marc Cucurella pada ajang International Champions Cup 2018 (AFP)
Pemain AS Roma, Justin Kluvert dikawal pemain Barcelona, Marc Cucurella pada ajang International Champions Cup 2018 (AFP)

Bolatimes.com - Digadang-gadang sebagai bintang masa depan, deretan pemain muda Barcelona jebolan akademi La Masia malah memiliki karier yang berantakan hingga akhirnya dilepas ke klub lain.

Barcelona sejatinya merupakan klub Eropa yang mengandalkan banyak pemain jebolan akademi, namun berbeda setela era Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Sebenarnya banyak pemain muda berbakat yang diorbitkan dari tim akademi ke tim utama Barcelona, namun nasib para pemain ini tak sebanding dengan tiket promosi mereka.

Para pemain muda berbakat ini justru lenyap ditelan bumi, setelah Barcelona justru memilih melepas mereka ke klub lain agar mendapat jam terbang lebih banyak.

Lantas siapa saja pemain tersebut? berikut ini beberapa pemain muda bintang masa depan Barcelona yang ditepikan karena kalah bersaing.

1. Marc Cucurella

Cucurella merupakan pemain jebolan akademi Barcelona yang pernah menelan pil pahit sejak masuk di skuat inti pada 2018.

Namun kalah bersaing dengan Jordi Alba membuat Cucurella akhirnya memilih pergi dari Camp Nou, berawal dari pemain pinjaman ke Getafe.

Hingga masa peminjaman yang dimulai pada 2019 itu berakhir dengan kontrak permanen, sebelum kariernya berlanjut ke Liga Inggris bersama Brighton & Hove Albion.

Usia tampil trengginas bersama Brighton, Cucurella ketiban rejeki usai diboyong Chelsea dengan mahar hingga mencapai 60 juta poundsterling.

2. Juan Miranda

Dominasi Jordi Alba yang tak bisa dipatahkan mengisi pos sisi kiri Barcelona juga membuat Juan Miranda memilih cabut dari Camp Nou.

Setahun setelah Cucurella pergi, Miranda muncul sebagai pemain yang berposisi sebagai bek kiri pelapis Jordi Alba pada 2019.

Namun hal itu justru membuat sang pemain harus rela dipinjamkan ke Real Betis setahun kemudian pada 2020, hingga akhirnya dipermanenkan.

3. Carles Alena

Selebrasi Carles Alena saat cetak gol ke gawang Villarreal (Lluis Gene/AFP)
Selebrasi Carles Alena saat cetak gol ke gawang Villarreal (Lluis Gene/AFP)

Lini tengah Barcelona pernah berstatus 'Dewa' pada masanya, pemain jempolan mengisi lini tersebut dan membuat Carles Alena tersingkir.

Tak semua pemain bisa memainkan jam reguler untuk Blaugrana, Alena menjadi salah satu pemain yang dipinjamkan ke klub lain, Getafe.

Beruntung bagi Getafe mendapat servis dari Alena, tepat di 2021 jasanya dipermanenkan dari Barcelona dengan harga yang cukup wah.

4. Munir El Haddadi

Sial bagi Munir, pemain yang memasuki masa keemasan di usia muda ini tak sanggup bersaing dengan sederet nama mentereng Barcelona.

Lionel Messi, Neymar Jr dan Luis Suarez adalah trio mengerikan Barcelona yang salah satunya tak bisa digantikan oleh Munir.

Pemain jeblan La Masia ini akhirnya pergi, dengan statusnya sebagai pemain pinjaman di Valencia dan Alaves hingga akhirnya pergi permanen di tahun 2019 ke Sevilla.

5. Oscar Mingueza

Menjadi pemain paling teranyar yang dilepas Barcelona pada musim panas 2022, Oscar Mingueza berlabuh ke Celta Vigo usai tersingkir dari skuat Barca era Ronald Koeman.

Usianya masih 23 tahun, mendapat promosi ke skuat utama Barcelona pada musim 2022-2021 namun pergi dari Camp Nou justru yang pilihan yang menyelamatkan kariernya.

Oscar menjadi pemain berbakat jebolan La Masia yang berakhir tragis karena tim yang dibanggakanya sendiri saat masih muda.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini