Profil Sarina Wiegman, Pelatih yang Bawa Timnas Inggris Juara Euro Wanita 2022

Sarina Wiegman sukses antar Timnas Inggris juara Euro Wanita 2022 untuk pertama kalinya.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 02 Agustus 2022 | 19:30 WIB
Sarina Wiegman sukses antar Timnas Inggris juara Euro Wanita 2022 untuk pertama kalinya. (AFP)

Sarina Wiegman sukses antar Timnas Inggris juara Euro Wanita 2022 untuk pertama kalinya. (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal sosok Sarina Wiegman, otak di balik keberhasilan Timnas Inggris menjuarai Euro Wanita 2022 yang berlangsung di kandang sendiri.

Timnas Inggris Wanita atau Lionesses, belum lama ini mencetak sejarah dengan berhasil menjuarai Euro Wanita 2022.

Ini adalah gelar pertama bagi Lionesses di ajang sepak bola wanita antar negara-negara Eropa yang berlangsung sejak tahun 1984 lalu tersebut.

Baca Juga: Hasil Piala AFF U-16 2022: Mengejutkan, Myanmar Bungkam Australia 3-2

Di final Euro Wanita 2022, Lionesses berhasil menjadi juara usai mengandaskan perlawanan juara terbanyak ajang ini, Jerman.

Di partai final yang berlangsung di Wembley Stadium itu, Timnas Inggris Wanita berhasil mengalahkan rivalnya tersebut dengan skor 2-1.

Kemenangan dengan skor 2-1 ini didapat secara dramatis. Sebab, Lionesses berhasil mencetak gol penentu kemenangan di masa perpanjangan waktu.

Baca Juga: Mental Pemain Timnas Indonesia U-16 Masih Naik Turun, Bima Sakti Siap Jadi Tempat Curhat

Di waktu normal, Lionesses dan Jerman mampu bermain imbang 1-1, usai gol Ella Toone di menit ke-62 mampu dibalas oleh Lina Maria Magull.

Kemenangan pun dipastikan Lionesses lewat gol Chloe Kelly di menit ke-110, yang memastikan gelar pertama bagi Timnas Inggris Wanita di ajang Euro Wanita.

Keberhasilan Lionesses menjadi kampiun di ajang ini tak lepas dari tangan dingin sang pelatih, yakni Sarina Wiegman.

Baca Juga: Gercep, Chelsea Tikung Manchester City demi Boyong Marc Cucurella

Lantas, siapakah sosok Sarina Wiegman tersebut?

Juara Euro Wanita Berturut-turut

Sarina Wiegman lahir di Belanda pada 26 Oktober 1969 dengan nama lengkap Sarina Petronella Wiegman atau biasa dikenal sebagai Sarina Wiegman-Glotzbach.

Baca Juga: Ryo Matsumura, Winger asal Jepang yang Dikaitkan dengan Persis Solo

Sebelum menjadi pelatih, dirinya merupakan seorang pesepak bola. Dirinya telah menggeluti dunia si kulit bundar sejak usia 6 tahun.

Tercatat dalam karier sepak bolanya, Sarina Wiegman pernah membela KFC ’71 di tim muda, North Carolina Tar Heels di level kampus, dan Ter Leede di level profesional.

Dulunya, Sarina Wiegman bermain di posisi gelandang tengah dan juga bek. Ia berkarier di kancah profesional sejak 1987 hingga 2001.

Kiprahnya di kancah profesional lantas membuat Sarina Wiegman berkesempatan membela Timnas Belanda Wanita dengan mencatatkan 99 caps.

Usai pensiun, Sarina Wiegman melanjutkan kiprahnya di sepak bola sebagai pelatih dengan menukangi mantan timnya, Ter Leede pada 2006.

Setahun berselang, Sarina Wiegman menukangi ADO Den Haag wanita yang berkiprah di sepak bola teratas wanita di Belanda.

Di ADO Den Haag, Sarina Wiegman mampu menjuarai Eredivisie Wanita dan juga menjuarai Piala KNVB Wanita pada 2012, serta menjuarai Piala KNVB Wanita pada 2013.

Kiprah apiknya di level klub ini membawanya ke Timnas Belanda wanita, di mana Sarina Wiegman mengawali kiprahnya di tim nasional sebagai asisten pelatih.

Sempat menjadi pelatih interim Timnas Belanda wanita pada 2015, Sarina Wiegman lantas menjadi pelatih tetap bagi negaranya di akhir tahun 2016, menyusul dipecatnya Arjan van der Laan.

Tak disangka penunjukkan ini berbuah manis. Di bawah arahan Sarina Wiegman, Timnas Belanda wanita mampu menjuarai Euro Wanita 2017.

Tak cukup sampai di situ, Sarina Wiegman juga membawa Timnas Belanda wanita menjadi Runner Up Piala Dunia Wanita pada 2019 lalu.

Prestasi itu membuat Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) merekrutnya pada Agustus 2020 dengan kontrak berdurasi 4 tahun.

Di tangannya, Timnas Inggris Wanita berhasil mencetak prestasi mentereng, yakni menjuarai Arnold Clark Cup pada 2022 dan tentunya Euro Wanita 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak