Boladunia

Profil Sarina Wiegman, Pelatih yang Bawa Timnas Inggris Juara Euro Wanita 2022

Sarina Wiegman sukses antar Timnas Inggris juara Euro Wanita 2022 untuk pertama kalinya.

Rauhanda Riyantama

Sarina Wiegman sukses antar Timnas Inggris juara Euro Wanita 2022 untuk pertama kalinya. (AFP)
Sarina Wiegman sukses antar Timnas Inggris juara Euro Wanita 2022 untuk pertama kalinya. (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal sosok Sarina Wiegman, otak di balik keberhasilan Timnas Inggris menjuarai Euro Wanita 2022 yang berlangsung di kandang sendiri.

Timnas Inggris Wanita atau Lionesses, belum lama ini mencetak sejarah dengan berhasil menjuarai Euro Wanita 2022.

Ini adalah gelar pertama bagi Lionesses di ajang sepak bola wanita antar negara-negara Eropa yang berlangsung sejak tahun 1984 lalu tersebut.

Di final Euro Wanita 2022, Lionesses berhasil menjadi juara usai mengandaskan perlawanan juara terbanyak ajang ini, Jerman.

Di partai final yang berlangsung di Wembley Stadium itu, Timnas Inggris Wanita berhasil mengalahkan rivalnya tersebut dengan skor 2-1.

Kemenangan dengan skor 2-1 ini didapat secara dramatis. Sebab, Lionesses berhasil mencetak gol penentu kemenangan di masa perpanjangan waktu.

Di waktu normal, Lionesses dan Jerman mampu bermain imbang 1-1, usai gol Ella Toone di menit ke-62 mampu dibalas oleh Lina Maria Magull.

Kemenangan pun dipastikan Lionesses lewat gol Chloe Kelly di menit ke-110, yang memastikan gelar pertama bagi Timnas Inggris Wanita di ajang Euro Wanita.

Keberhasilan Lionesses menjadi kampiun di ajang ini tak lepas dari tangan dingin sang pelatih, yakni Sarina Wiegman.

Lantas, siapakah sosok Sarina Wiegman tersebut?

Juara Euro Wanita Berturut-turut

Sarina Wiegman lahir di Belanda pada 26 Oktober 1969 dengan nama lengkap Sarina Petronella Wiegman atau biasa dikenal sebagai Sarina Wiegman-Glotzbach.

Sebelum menjadi pelatih, dirinya merupakan seorang pesepak bola. Dirinya telah menggeluti dunia si kulit bundar sejak usia 6 tahun.

Tercatat dalam karier sepak bolanya, Sarina Wiegman pernah membela KFC ’71 di tim muda, North Carolina Tar Heels di level kampus, dan Ter Leede di level profesional.

Dulunya, Sarina Wiegman bermain di posisi gelandang tengah dan juga bek. Ia berkarier di kancah profesional sejak 1987 hingga 2001.

Kiprahnya di kancah profesional lantas membuat Sarina Wiegman berkesempatan membela Timnas Belanda Wanita dengan mencatatkan 99 caps.

Usai pensiun, Sarina Wiegman melanjutkan kiprahnya di sepak bola sebagai pelatih dengan menukangi mantan timnya, Ter Leede pada 2006.

Setahun berselang, Sarina Wiegman menukangi ADO Den Haag wanita yang berkiprah di sepak bola teratas wanita di Belanda.

Di ADO Den Haag, Sarina Wiegman mampu menjuarai Eredivisie Wanita dan juga menjuarai Piala KNVB Wanita pada 2012, serta menjuarai Piala KNVB Wanita pada 2013.

Kiprah apiknya di level klub ini membawanya ke Timnas Belanda wanita, di mana Sarina Wiegman mengawali kiprahnya di tim nasional sebagai asisten pelatih.

Sempat menjadi pelatih interim Timnas Belanda wanita pada 2015, Sarina Wiegman lantas menjadi pelatih tetap bagi negaranya di akhir tahun 2016, menyusul dipecatnya Arjan van der Laan.

Tak disangka penunjukkan ini berbuah manis. Di bawah arahan Sarina Wiegman, Timnas Belanda wanita mampu menjuarai Euro Wanita 2017.

Tak cukup sampai di situ, Sarina Wiegman juga membawa Timnas Belanda wanita menjadi Runner Up Piala Dunia Wanita pada 2019 lalu.

Prestasi itu membuat Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) merekrutnya pada Agustus 2020 dengan kontrak berdurasi 4 tahun.

Di tangannya, Timnas Inggris Wanita berhasil mencetak prestasi mentereng, yakni menjuarai Arnold Clark Cup pada 2022 dan tentunya Euro Wanita 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini