Boladunia

Profil Como 1907, Klub Italia Milik Orang Indonesia yang Dibela Cesc Fabregas

Cesc Fabregas beseragam klub milik orang Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Cesc Fabregas resmi bergabung Como 1907. (Instagram/@comofootball)
Cesc Fabregas resmi bergabung Como 1907. (Instagram/@comofootball)

Bolatimes.com - Cesc Fabregas resmi bergabung dengan klub milik orang Indonesia, tepatnya adalah dari Grup Djarum, yakni Como 1907 yang bermain di Serie B Italia 2022/2023. Fabregas didatangkan dengan status bebas transfer.

Dikutip dari situs resmi klub, Selasa, Fabregas mengatakan merupakan sebuah kehormatan dirinya bisa bergabung dengan Como dan menilai ini merupakan klub yang luar biasa.

Selain itu, Fabregas juga menjelaskan dirinya telah berbicara dengan petinggi klub seperti Mirwan Suwarso serta Dennis Wise soal target Como untuk waktu ke depan.

"Inilah mengapa saya ingin membangun masa depan jangka panjang di sini tidak hanya di atas lapangan tetapi juga di luar lapangan. Saya percaya pada visi sejak saat pertama dan saya telah memutuskan untuk berinvestasi secara pribadi untuk menjadi bagian dari gambaran yang lebih besar," terang Fabregas.

"Saya tidak sabar untuk turun ke lapangan dan bermain di depan para penggemar dalam suasana yang begitu indah. Tradisi, infrastruktur, dan keinginan pemilik untuk membawa klub ini ke level selanjutnya sangat menginspirasi. Saya tidak sabar untuk memulai," sambungnya.

Profil Como 1907

FC Como atau Como 1907 sudah menarik perhatian publik sepak bola Indonesia sejak 2019. Hal ini lantaran Como FC diakuisisi oleh salah satu perusahaan milik Indonesia yakni Djarum Group.

Saat itu Grup Djarum telah mengambil alih saham Como 1907 dari pemilik sebelumnya melalui anak perusahaan, SENT Entertainment, yang berbasis di Inggris pada awal April 2019.

Klub berjuluk I Lariani ini sendiri merupakan salah satu klub tua yang sudah berdiri sejak 1907. Namun badai finansial sempat beberapa kali membuat klub ini gulung tikar.

Pada Desember 2004, klub ini dinyatakan bangkrut. Tidak ada investor yang mau menyuntikkan dana ke klub ini. Musim 2005-06, Como bermain di Serie D Italia.

FC Como atau Como 1907, klub Serie B Italia. (Instagram/@comofootball)
Sebagai salah satu klub tua di Italia, Como tercatat pernah dibela oleh sejumlah pemain beken seperti gelandang Inter Milan, Nicolò Barella.

Meski berstatus sebagai salah satu klub tertua di Italia, prestasi tertinggi FC Como hanya mampu menjadi kampium di Serie B yakni di musim 1948–49, 1979–80, 2001–02.

Sedangkan untuk bermain di pentas Serie A, Como pertama kali melakukannya pada musim 1949-50 dan terakhir pada musim 2002-03. Prestasi terbaik Como di Serie A sendiri pada 1950, saat itu mereka memuncaki peringkat ke-6.

Saat ini FC Como bertengger di peringkat ke-11 klasemen Serie B dengan mengoleksi 25 poin. Hasil dari 6 kali menang, 7 kali imbang dan 5 kali kalah.

(SuaraBekacie/Galih Prasetya)

Berita Terkait

Berita Terkini