Boladunia

Profil Jeonnam Dragons, Klub Peserta Liga Champions Asia 2022 yang Dijebol Asnawi Mangkualam

Jeonnam Dragons bukan klub ecek-ecek

Irwan Febri Rialdi

Jeonnam Dragons, wakil Korea Selatan di Liga Champions Asia 2022. (Instagram/@jeonnamdragons_fc)
Jeonnam Dragons, wakil Korea Selatan di Liga Champions Asia 2022. (Instagram/@jeonnamdragons_fc)

Bolatimes.com - Asnawi Mangkualam kembali mencatatkan kiprah impresifnya bersama Ansan Greeners di kompetisi kasta kedua Liga Korea Selatan alias K League 2 2022.

Sebab, saat Ansan Greeners menjamu Jeonnam Dragons di Ansan Wa Stadium, Minggu (31/7/2022), Asnawi sukses mencetak gol untuk membawa timnya menang 3-0.

Kembali dipercaya sebagai starter, Asnawi yang mengisi pos wing-back kanan dalam patron 5-4-1 membuka keunggulan Ansan di babak kedua, tepatnya di menit ke-59, setelah sebelumnya tim asuhan Jeong-Heon Im itu sempat mengalami kebuntuan.

Gol ini lahir lewat permainan cepat bek kanan timnas Indonesia itu. Asnawi awalnya berniat untuk mengoper ke sisi kanan, tapi bola diblok barisan belakang dan kembali ke kakinya.

Asnawi lantas berlari, mengecoh dua pemain lawan sebelum melepaskan tembakan. Bola sempat diblok pemain belakang, lalu kembali jatuh ke kaki eks bintang PSM Makassar itu.

Dari bola muntah itu, Asnawi kemudian melesakkan sepakan keras yang tak mampu dihalau oleh penjaga gawang Jeonnam Dragons.

Profil Jeonnam Dragons

Jeonnam Dragons sebetulnya berstatus sebagai salah satu klub sepak bola yang elite meski saat ini terdampar di kasta kedua Liga Korea Selatan, atau K League 2.

Sebagai informasi, Jeonnam Dragons merupakan klub sepak bola yang berbasis di kota Gwangyang, Provinsi Jeolla Selatan. Di kota ini, mereka menggunakan Stadion Sepak Bola Gwangyang sebagai markasnya.

Jeonnam Dragons sebetulnya baru dibentuk pada 16 Desember 1994. Sejak pertama kali dibentuk, Jeonnam memutuskan untuk tak mengubah namanya.

Pada awal-awal, Jeonnam memulai dengan perlahan-lahan. Mereka masih mampu bersaing di papan tengah selama beberapa tahun awal.

Pada musim keduanya, Jeonnam yang saat itu menunjuk Huh Jun-moo sebagai manajernya sukses merebut peringkat kedua pada musim 1996/1997 dan mendapatkan medali pada ajang Piala FA Korea Selatan.

Sejauh ini, Jeonnam sudah empat kali menjuarai Piala FA, yakni pada edisi 1997, 2006, 2007, dan 2021. Karena gelar Piala FA ini, Jeonnam berhak mewakili Korea Selatan di ajang Liga Champions Asia.

Khusus pada edisi 2007, Jeonnam Dragons sukses melaju ke partai final Liga Champions Asia (dulu bernama Asian Cup Winners Cup), seusai menumbangkan raksasa Jepang, Kashima Antlers 4-1 pada semifinal.

Sayangnya, Jennoam harus mengakui keunggulan Al Ittihad pada partai final setelah mereka ditumbangkan dengan skor tipis 2-3 lewat babak tambahan waktu.

Saat ini, karena statusnya sebagai peraih gelar juara Piala FA 2021, Jeonnam menjadi salah satu wakil Korea Selatan di ajang Liga Champions Asia 2022.

Namun, langkah mereka harus terhenti di fase penyisihan Grup G karena hanya mampu mengakhiri persaingan di peringkat ketiga.

Di Grup G, Jeonnam Dragons harus bersaing dengan BG Pathum United (Thailand), Melbourne City (Australia), dan United City, Filipina.

Dari enam pertandingan, Jeonnam hanya mampu mengumpulkan delapan poin hasil dari dua kemenangan, dua imbang, dan dua kekalahan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini