Boladunia

Daftar Pemain Timnas India, Negara yang Ngebet Gabung AFF

Inilah daftar pemain Timnas India, sudah koleksi 8 trofi

Irwan Febri Rialdi

Timnas India. (dok. AIFF)
Timnas India. (dok. AIFF)

Bolatimes.com - Kabar bahwa Federasi Sepak Bola India (AIFF) tengah berwacana untuk pindah federasi ke AFF. Kabar ini muncul di tengah wacana Indonesia pindah ke EAFF.

Wacana Indonesia hengkang dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) merebak sejak insiden di Piala AFF U-19 2022.

Kala itu, netizen Indonesia mendesak PSSI keluar dari AFF lantaran kecewa dengan laga timnas Vietnam dan Thailand yang membuat timnas gagal ke semifinal.

Tak lama setelah itu, merebak kabar India siap bergabung ke AFF untuk menggantikan Indonesia andai memutuskan pindah federasi.

Menurut Media Malaysia, Makan Bola, keinginan India untuk meninggalkan Federasi Sepak Bola Asia Selatan (SAFF) dan bergabung ke AFF sejatinya sudah ada sejak tahun lalu. Tetapi niatan terganjal karena pandemi Covid-19.

Media tersebut juga menyinggung pernyataan Sekjen AIFF, Kushal Das belum lama ini yang menyebut India ingin mentas di kompetisi lebih baik.

"Tujuan kami pindah ke AFF untuk memastikan timnas kami bersaing di kompetisi terbaik," ujarnya dalam wawancara dengan Times of India dikutip dari Soha, Minggu (31/7/2022). 

Tak cuma itu, AIFF diterangkan sudah menjalin komunikasi dengan AFF terkait keinginannnya untuk merapat dan berjanji siap memberikan komitmen penuh apabila diterima menjadi anggota. 

"AFF memberikan feedback positif dan jika mereka menerima kami ke AFF, maka kami akan serius dalam turnamen ini," sambung Kushal Das.

Menilik kekuatan tim, India bisa dibilang salah satu tim kuat di Asia Selatan. Kini mereka menduduki peringkat ke-104 FIFA dan sempat menghuni peringkat 94 dunia.

India mengoleksi 8 trofi kejuaraan Piala SAFF dan menjadi negara paling sukses di ajang ini. Mereka juga sempat menjadi runner-up Piala Asia edisi 1964.

Nah, berikut daftar pemain Timnas India yang dipanggil oleh pelatih Igor Stimac dari laga terakhir yang diikuti:

Kiper: Gurpreet Singh Sandhu, Laxmikanth Kattimani, Amrinder Singh.

Pemain Belakang: Rahul Bheke, Akash Mishra, Harmanjot Singh Khabra, Roshan Singh, Anwar Ali, Sandesh Jhingan, Subhashish Bose, Pritam Kotal.

Pemain Tengah: Jeakson Singh, Anirudh Thapa, Glan Martins, Brandon Fernandes, Ritwik Das, Udanta Singh, Yasir Mohammad, Sahal Abdul Samad, Suresh Wangjam, Ashique Kuruniyan, Liston Colaco.

Pemain Depan: Ishan Pandita, Sunil Chhetri, Manvir Singh.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini