5 Pesepak Bola Thailand yang Pernah Main di Liga Utama Jepang, Terkini Chanathip Songkrasin

Chanathip Songkrasin tengah jadi perhatian karena tampil apik bersama Kawasaki Frontale.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 26 Juli 2022 | 16:30 WIB
Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi (kiri) dan pemain tengah Kawasaki Frontale Chanathip Songkrasin (kanan) berebut bola selama laga pramusim PSG di Stadion Nasional, Tokyo, Jepang pada 20 Juli 2022. Kazuhiro NOGI / AFP

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi (kiri) dan pemain tengah Kawasaki Frontale Chanathip Songkrasin (kanan) berebut bola selama laga pramusim PSG di Stadion Nasional, Tokyo, Jepang pada 20 Juli 2022. Kazuhiro NOGI / AFP

Bolatimes.com - Berikut lima pesepak bola Thailand yang pernah mencicipi atau bermain di kasta sepak bola tertinggi Jepang atau J1 League.

Thailand merupakan salah satu negara sepak bola terkuat di Asia Tenggara. Status ini terlihat dari prestasi yang diukir Gajah Perang di kancah internasional.

Thailand tercatat menjadi kampiun terbanyak Piala AFF atau kompetisi antar negara-negara Asia Tenggara dengan enam gelar juara.

Baca Juga: Bikin Ricuh di Yogyakarta, Gibran Minta Oknum Suporter Persis Solo Diblacklist

Selain memiliki tim nasional yang berprestasi, Thailand juga memiliki liga yang kompetitif. Dilansir dari laman Team Form, Liga Thailand atau Thai League berada di peringkat ke-18 Asia.

Karena masuk 20 besar ranking liga terbaik di Asia, Thai League pun tak pelak memiliki status sebagai liga terbaik di Asia Tenggara.

Karena kultur sepak bola yang kuat baik dari sudut pandang liga dan tim nasional, tak mengherankan jika Thailand begitu berprestasi di kancah sepak bola.

Baca Juga: Ditanya Pilih Pratama Arhan atau Asnawi Mangkualam, Shin Tae-yong Jawab Begini

Kultur kuat di sepak bola ini pun kemudian memberikan benefit kepada para pemain Thailand yang punya skill olah bola mumpuni.

Banyak pemain Thailand kemudian dilirik oleh tim-tim besar Asia, seperti tim-tim yang berkiprah di J1 League atau kasta teratas sepak bola Jepang.

Setidaknya ada lima pemain Thailand yang pernah berkiprah di J1 League dalam kariernya. Kira-kira, siapa saja pemain tersebut?

Baca Juga: 4 Bintang Eropa Asal Asia yang Pernah Tampil di Piala EAFF, Ada Shinji Kagawa

1. Chanathip Songkrasin

Thanawat Suengchitthawon dan Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Roslan Rahman/AFP)
Thanawat Suengchitthawon dan Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Roslan Rahman/AFP)

Chanathip Songkrasin merupakan salah satu bintang Thailand yang berhasil menembus J1 League atau Liga Jepang berkat bakatnya.

Pemain yang dijuluki Messi Thailand ini pertama kali menembus J1 League pada 2017 saat membela Hokkaido Consadole Sapporo.

Baca Juga: Rapuh Banget, 3 Klub yang Paling Banyak Kebobolan pada Pekan Pertama Liga 1 2022/2023

Ia mampu mengukir prestasi bersama Hokkaido Consadole Sapporo sehingga dirinya direkrut Kawasaki Frontale pada 2022.

2. Theerathon Bunmathan

Kiprah Chanathip Songkrasin kemudian diikuti oleh Theerathon Bunmathan yang bergabung Vissel Kobe pada 2018 dengan status pinjaman dari Muangthong United.

Di Vissel Kobe, Theerathon bermain bersama bintang-bintang dunia seperti Andres Iniesta dan Lukas Podolski, serta mencatatkan jumlah penampilan yang mumpuni.

Usai membela Vissel Kobe, Theerathon lantas pindah ke Yokohama F Marino dan mendapat kontrak permanen pada akhir tahun 2019.

3. Kawin Thamsatchanan

Kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan. (Instagram/kawiator_26)
Kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan. (Instagram/kawiator_26)

Kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan juga merupakan pemain Thailand yang sempat bermain bersama klub J1 League, Hokkaido Consadole Sapporo.

Namun nasib Kawin sedikit tak mujur. Sebab, dirinya hanya mencatatkan dua pertandingan saja, yakni di ajang J League Cup.

Karena kalah bersaing dengan kiper utama Hokkaido Consadole Sapporo, Kawin pun dipulangkan ke klub Belgia, OH Leuven pada akhir tahun 2020.

4. Thitipan Puangchan

Gelandang andalan Timnas Thailand, Thitipan Puangchan juga pernah berhasil menembus J1 League kala diboyong dengan status pinjaman oleh Oita Trinita pada 2019.

Dalam masa peminjaman tersebut, Thitipan berhasil tampil reguler dengan mencatatkan 20 penampilan, di mana 12 di antaranya sebagai starter.

Namun masa peminjaman Thitipan tak dipermanenkan oleh Oita Trinita. Alhasil, ia pun kembali dipulangkan ke klub lamanya, BG Pathum United.

5. Teerasil Dangda

Pemain veteran Timnas Thailand, Teerasil Dangda saat berlaga di Piala AFF 2020. (AFP/Roslan Rahman)
Pemain veteran Timnas Thailand, Teerasil Dangda saat berlaga di Piala AFF 2020. (AFP/Roslan Rahman)

Top skor sepanjang masa Piala AFF, Teerasil Dangda, tak hanya pernah mencicipi kompetisi Eropa, melainkan juga kompetisi di J1 League.

Teerasil Dangda tercatat membela dua klub J1 League yakni Sanfrecce Hiroshima pada 2018 dan Shimizu S-Pulse pada 2020.

Dalam dua percobaan tersebut, Teerasil Dangda berhasil melesakkan masing-masing enam gol untuk klubnya, dalam 32 penampilan bersama Sanfrecce Hiroshima dan 24 penampilan bersama Shimizu S-Pulse.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak