Boladunia

Deretan Pemain yang Pernah Idap Kanker Testis, Ada Arjen Robben hingga Sebastien Haller

Berikut deretan pemain yang pernah idap kanker testis.

Rauhanda Riyantama

Penyerang Borussia Dortmund, Sebastien Haller. (Twitter)
Penyerang Borussia Dortmund, Sebastien Haller. (Twitter)

Bolatimes.com - Berikut ini deretan pemain yang pernah idap kanker testis, seiring munculnya kabar bawah Sebastien Haller didiagnosa mengalami tumor testis.

Belakangan ini, dunia sepak bola dikejutkan dengan kabar bahwa rekrutan terbaru Borussia Dortmund, Sebastien Hallers divonis mengalami tumor testis.

Vonis ini lahir setelah dirinya menjalani perawatan pasca mengeluh tak enak badan sepanjang hari dalam momen pramusim bersama Borussia Dortmund.

Saat dilakukan pemeriksaan, penyerang yang diboyong dari Ajax Amsterdam ini pun kemudian divonis mengidap tumor testis.

Dalam beberapa laporan, tumor sendiri merupakan identifikasi awal dari kanker. Sehingga, ditakutkan Haller harus mengidap kanker testis.

Karena vonis itu, dukungan dan doa pun mengalir dari beragam pihak untuk penyerang berkebangsaan Pantai Gading tersebut.

Dukungan dan doa ini diberikan kepadanya agar dirinya segera sembuh dan bisa melanjutkan kariernya di usianya saat ini, yakni 28 tahun.

Dukungan dan doa agar Haller bisa melanjutkan kariernya pun sejurus dengan fakta, bahwa banyak pemain yang ternyata masih bisa melanjutkan kariernya meski pernah divonis kanker testis.

Lantas, siapa saja pemain yang pernah mengidap kanker testis dan masih bisa melanjutkan kariernya di kancah profesional? Berikut daftarnya.

1. Arjen Robben

Pemain Bayern Munchen, Arjen Robben (AFP)
Pemain Bayern Munchen, Arjen Robben (AFP)

Winger legendaris Belanda, Arjen Robben divonis mengalami kanker testis di usia yang sangat muda, yakni 20 tahun kala dirinya membela Chelsea pada 2004 silam.

Vonis ini pun berbarengan dengan cedera-cedera parah yang membuatnya kerap menepi dari lapangan hijau.

Robben pun berjuang untuk sembuh dari kanker testis yang ia miliki. Hingga akhirnya, pada 2013 dirinya divonis sembuh total.

Selama 9 tahun mengidap kanker testis, Robben masih aktif bermain di kancah profesional dengan membela Chelsea, Real Madrid, dan Bayern Munich. Bahkan kariernya terus berlanjut sebelum akhirnya pensiun pada 2021.

2. Jose Molina

Jose Molina juga merupakan salah satu pemain yang sempat divonis kanker testis. Meski begitu dirinya masih aktif bermain dan melanjutkan kariernya dalam waktu lama.

Kiper berkebangsaan Spanyol itu mengidap kanker testis di tahun 2002 saat dirinya masih membela Deportivo La Coruna.

Hanya butuh kurang dari setahun, Molina pun dinyatakan sembuh dan terus aktif bermain hingga menjadi kiper andalan Deportivo La Coruna.

Bahkan, Molina menjadi salah satu tulang punggung Deportivo La Coruna yang mampu mengejutkan sepak bola Eropa di awal 2000 an.

Molina pun masih terus berkarier di kancah profesional dan terakhir kali bermain bagi Levante sebelum memutuskan pensiun pada 2007.

3. Jonas Gutierrez

Jonas Gutierrez saat bermain di Newcastle United. (AFP)
Jonas Gutierrez saat bermain di Newcastle United. (AFP)

Pendukung Newcastle United tentu ingat dengan sosok Jonas Gutierrez. Pemain asal Argentina ini bisa disebut sebagai pahlawan bagi pendukung The Magpies.

Pada tahun 2013 silam, Gutierrez divonis mengidap kanker testis. Hal ini membuatnya harus menjalani kemoterapi selama beberapa tahun.

Hingga akhirnya pada 2015, dirinya dinyatakan sembuh. Meski sempat dicampakkan Newcastle, Gutierrez masih bisa berkarier di pentas teratas dalam waktu lama.

Pasca didepak Newcastle pada 2015, Gutierrez bermain untuk Deportivo La Coruna dan bermain di kampung halamannya, hingga akhirnya pensiun pada Januari 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini