Boladunia

7 Fakta Menarik Piala Dunia 2022 Qatar, Miliki Stadion Ber-AC

Stadion-stadion di Piala Dunia 2022 memiliki AC untuk mengantisipasi suhu panas di Qatar.

Rauhanda Riyantama

Stadion 974, venue Piala Dunia 2022 paling unik karena terbuat dari kontainer. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Stadion 974, venue Piala Dunia 2022 paling unik karena terbuat dari kontainer. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 Qatar akan segera dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022. Banyak hal yang membuat Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi momen unik dalam sejarah persepakbolaan. 

Menyadur Daily Star, berikut ini beberapa fakta menarik Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar akhir tahun mendatang.

1. Piala Dunia Musim Dingin Pertama

Kompetisi Piala Dunia 2022 ini menjadi Piala Dunia yang berlangsung pertama kalinya saat musim dingin. Biasanya, Piala Dunia berlangsung di pertengahan tahun, tetapi ada pengecualian saat digelar di Qatar.

Qatar terletak di Timur Tengah dan biasanya mengalami suhu yang sangat tinggi hingga mencapai 50 derajat celcius saat pertengahan tahun. Oleh karena itu, Piala Dunia FIFA dipindahkan saat musim dingin pada akhir tahun mendatang.

2. Stadion Paling Sedikit

Qatar hanya menyediakan dealapan stadion. Jumlah ini merupakan jumlah terendah dalam penyelenggaraan Piala Dunia beberapa tahun terakhir.

Faktanya, dari delapan tempat yang disediakan tuan rumah turnamen Piala Dunia ini, hanya satu yang diubah sepenuhnya sementara tujuh stadion lain sedang dibangun.

Pada 1978 silam, Argentina menjadi tuan rumah Piala Dunia hanya menyediakan 6 stadion dan kini Qatar menjadi tuan rumah dengan delapan stadion.

3. Jarak Stadion Berdekatan

Qatar merupakan negara kecil dan jauh lebih kecil dari tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia. Berpindah tempat dari stadion satu ke stadion lain bukan masalah besar lantaran ukuran negara yang sangat kecil.

Kota tuan rumah seperti Doha, Lusail, Al Wakrah, dan Al Rayyan terletak berdekatan. Fakta menarik lain, dua stadion paling terpencil di Qatar, Al Bayt dan Al Wakrah hanya berjarak 90 mil.

4. Piala Dunia Termahal

Anggaran tuan rumah Piala Dunia 2022 untuk melaksanakan kompetisi bergengsi ini sekitar $200 Miliar untuk infrastruktur. Infrastruktur tersebut meliputi pembangunan jalan raya, stadion, hotel, dan lain sebagainya. 

5. Perkiraan Jumlah Pengunjung akan Pecahkan Rekor

Pengunjung Piala Dunia 2022 yang diperkirakan hadir akan menjadi rekor dunia. Pasalnya, karena letak Qatar strategis, dekat dengan sebagian besar negara sehingga akan banyak orang yang akan tertarik datang ke Qatar.

6. Stadion ber-AC

Qatar merupakan negara dengan suhu yang tinggi saat siang hari. Qatar pun memberanikan diri untuk menyediakan stadion ber AC. Seluruh stadion di Qatar akan ber AC dan memberikan kenyamanan bagi para penggemar.

7. Qatar Jadi Negara Penyelenggara Kedua di Asia

Qatar tidak hanya menjadi negara Timur Tengah yang pertama kalinya jadi tuan rumah Piala Dunia. Qatar juga akan menjadi tuan rumah kedua kalinya di Asia. Pertama kalinya Piala Dunia di Asia yakni di Jepang dan Korea yang bersamaan pada 2002.

Demikian 8 fakta menarik Piala Dunia 2022 di Qatar. Piala Dunia 2022 Qatar ini sangat unik karena menghadirkan fasilitas yang maksimal dan memprioritaskan kenyamanan peserta maupun tim dengan perbaikan infrastruktur yang maksimal. 

(Kontributor: Annisa Fianni Sisma)

Berita Terkait

Berita Terkini