Boladunia

Profil Art Langeler, Pelatih Timnas Curacao yang Pernah Latih Timnas Belanda U-21

Art Langeler bukan pelatih kaleng-kaleng

Irwan Febri Rialdi

Profil Art Langeler, Pelatih Timnas Curacao yang pernah latih Timnas Belanda U-21. (Dok. PEC Zwolle)
Profil Art Langeler, Pelatih Timnas Curacao yang pernah latih Timnas Belanda U-21. (Dok. PEC Zwolle)

Bolatimes.com - Profil Art Langeler, pelatih Timnas Curacao yang pernah melatih Timnas Belanda U-21.

Timnas Indonesia besar kemungkinan bakal menghadapi Timnas Curacao pada laga FIFA matchday di September mendatang.

Meski demikian, Iriawan yang berbicara seusai menghadiri peluncuran dan konferensi pers BRI Liga 1 2022, Sabtu, belum bisa memastikan laga tersebut karena ada beberapa pemain Curacao yang belum melakukan vaksinasi.

"Tapi mungkin masih keburu (atau) tidak mereka melakukan vaksin, sehingga kita perlu dikomunikasikan dengan pemerintah kita. Karena pemerintah kita punya aturan sendiri," terang Iriawan.

Selain Curacao, mantan Kapolda Jabar tersebut menjelaskan pihaknya juga tengah menjajaki komunikasi dengan India dan Hongkong, yang secara peringkat berada di urutan 120 besar.

Dari segi peringkat Timnas Curacao unggul jauh dari Timnas Indonesia. Curacao kini tercatat menduduki peringkat ke-84 FIFA.

Nah, apiknya performa Timnas Curacao tidak terlepas dari sentuhan 'Belanda'. Ya, Curacao banyak menggunakan jasa orang-orang Belanda di struktur tim nasional mereka.

Guus Hiddink, misalnya, mantan pelatih Timnas Belanda itu menunjuk Art Langeler sebagai pelatih Timnas Curacao pada April lalu untuk menggantikan Patrick Kluivert yang sempat menjabat sebagai pelatih interim.

Lantas, siapa sebetulnya Art Langeler? Berikut ulasan profilnya.

Profil Art Langeler

Sosok Art Langeler adalah pelatih kelahiran Lochem, Belanda, pada 16 Agustus 1970. Tidak terlalu banyak catatan saat dia masih aktif bermain.

Langeler diketahui sempat menimba ilmu di akademi SSB lokal, SP Lochem, pada 1978 hingga 1988. Dia lalu pindah ke tim papan atas Belanda saat itu, De Graafschap.

Dia bermain untuk tim U-19 De Graafschap selama dua musim, sebelum akhirnya bermain untuk tim utama. Art Langeler tercatat cuma dua musim bermain di tim utama, dari 1990-1992.

Pada 1992, dia memutuskan kontraknya untuk fokus berkuliah di Windesheim University of Applied Science. Saat itu dia mengambil jurusan Physical Education.

Setelah lulus kuliah, Art Langeler mulai menjajal karier kepelatihan. Dia memulai dari klub amatir hingga akhirnya melatih Rohda Raalte pada 2005.

Dia lalu melatih klub Belanda lainnya, PEC Zwolle dari 2010-13. Setelah dari sana, dia ditunjuk sebagai Direktur Akademi PSV Eindhoven pada 2013.

Pekerjaannya yang apik membuat Art Langeler ditunjuk sebagai pelatih Timnas Belanda U-21 ada 2016. Setelah dari Timnas Belanda U-21, dia sempat menganggur selama 3 tahun.

Baru di tahun 2021 dia kembali ditunjuk menjadi pelatih PEC Zwolle. Satu tahun berselang Art Langeler ditunjuk menjadi pelatih Timnas Curacao.

Sejak ditunjuk menjadi pelatih pada 3 Mei lalu, Art Langeler sudah mendampingi Timnas Curacao dalam 3 laga. Hasilnya dia meraih satu kemenangan dan 2 kali kalah.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkini