Boladunia

3 Pemain Bintang Timnas Curacao, Ada yang Main di Inggris

Rata-rata pemain Timnas Curacao bermain di luar negaranya.

Rauhanda Riyantama

Timnas Curacao saat berlaga di Concacaf Nations League pada 2019 silam. (Daniel Munoz/AFP)
Timnas Curacao saat berlaga di Concacaf Nations League pada 2019 silam. (Daniel Munoz/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Curacao disebut-sebut sebagai salah satu calon lawan Timnas Indonesia di FIFA matchday pada September mendatang.

Negara ini jarang terdengar namanya, tetapi siapa yang menyangka bahwa Curacao kini bertengger di peringkat ke-84 FIFA.

Curacao sendiri merupakan negara kepulauan kecil di Amerika Selatan. Namun untuk urusan sepak bola, mereka tergabung di CONCACAF atau zona Amerika Utara, tengah, dan Kepulauan Karibia. 

Terpilihnya Curacao sebagai calon lawan tanding Timnas Indonesia pun membuat banyak yang mencari lebih jauh mengenai tim nasional negara tersebut.

Meskipun timnas Curacao bukanlah tim yang akrab di telinga masyarakat Indonesia, tim yang berbasis di Amerika Utara ini punya skuat yang cukup mentereng.

Apabila merujuk pada daftar 23 nama pemain yang dipanggil timnas Curacao pada ajang CONCACAF Nations League 2022-2023, semua nama yang dipanggil merupakan pemain-pemain abroad.

1. Kenji Gorre

Pemain bintang milik Curacao yang pertama adalah pemain dari klub Portugal Boavista FC, Kenji Gorre. Dia pernah mencicipi bermain di akademi Manchester City.

Dia juga sempat bergabung dengan Manchester United U-18 pada 2011. Dia dilepas oleh Man United dan direkrut oleh Swansea City.

Setelah dari Swansea, Kenji Gorre berpindah-pindah klub hingga akhirnya bergabung dengan Boavista FC. Di Timnas Curacao, Gorre sudah mengantongi 7 caps dengan 2 gol.

2. Jurien Gaari

Pemain berusia 28 tahun ini sedang bermain untuk klub asal Belanda, RKC Waalwijk. Dia sudah memiliki 22 penampilan buat Timnas Curacao.

Tahun 2018 ia bergabung dengan  dengan RKC Waalwijk pada tahun 2018 hingga saat ini, dengan sudah membuat 105 penampilan di semua kompetisi dan mencetak 3 gol serta 6 assist.

3. Juninho Bacuna

Gelandang berusia 24 tahun ini sedang membela klub asal Inggris, Birmingham City. Sejak usia muda, dia sudah merantau ke Eropa.

Dia merupakan jebolan akademi Groningen. Setelah membela tim utama selama 3 musim, dia pindah ke Huddersfield Town pada 2018.

Musim lalu dia bermain untuk klub Skotlandia, Rangers, dengan hanya mencatatkan 6 penampilan. Juninho Bacuna lalu pindah ke Birmingham City pada Januari 2022.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini