Boladunia

Media Vienam Sudah Protes Dua Kali Jelang Piala AFF U-16 2022, Diminta Jangan Banyak Mengeluh

Media Vietnam sampai disentil Ketum PSSI.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI).
Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI).

Bolatimes.com - Media Vietnam tercatat sudah menyampaikan protes dua kali jelang penyelenggaran Piala AFF U-16 2022 yang akan digelar di Indonesia pada 31 mendatang.

Indonesia menggelar Piala AFF U-16 2022 yang digelar di Yogyakarta. Padahal awalnya turnamen itu direncanakan di Bekasi dan Jakarta.

Sayangnya karena kendala, venue Piala AFF U-16 2022 dipindah. Hal itu kemudian memunculkan protes dari media Vietnam.

Nah, pindahnya tempat pertandingan Piala AFF U-16 2022 ini disorot oleh media Vietnam. Mereka menyebut timnasnya dirugikan.

"Indonesia tiba-tiba memindahkan venue, sehingga akan menyulitkan Vietnam di Piala AFF," tulis laporan The Thao247.

Vietnam merasa dirugikan karena anak asuh Bima Sakti sudah familiar dengan venue Piala AFF U-16 2022. Terlebih bakal ada dukungan suporter yang meriah akan menambah motivasi.

“Kami sudah sudah sangat familiar ya dan tidak asing lagi dengan Sleman dan Maguwo. Kita tahu penonton di sini luar biasa sekali ya itu menambah motivasi kami," ucap Bima Sakti.

“Lapangan latihan kami dekat dengan hotel menginap jadi memangkas waktu banyak, kita bisa lebih maksimal. Ya harapannya kami mendapat dukungan warga masyarakat Sleman dan DIY, mudah-mudahan kami bisa maksimal,” tegasnya.

Protes kedua yang diajukan oleh media Vietnam adalah terkait aturan vaksinasi. PSSI mengumumkan bahwa tim yang akan ikut Piala AFF U-16 2022 harus melakukan booster atau dosis ketiga.

Sayangnya pengumuman ini dinilai mendadak oleh media Vietnam. Mereka mengatakan perubahan mendadak ini adalah upaya PSSI untuk mempersulit Vietnam U-16 hadir di Piala AFF U-16 2022.

"Pada Piala AFF U-16, tuan rumah Indonesia telah melakukan langkah untuk mempersulit Vietnam dan tim peserta. PSSI tiba-tiba mengumumkan bahwa tim harus divaksin tiga kali untuk masuk ke negara itu," tulis laporan The Thao247 dikutip pada Senin (18/7/2022).

"Sebelumnya aturannya hanya dua kali. Keputusan PSSI ini membuat Vietnam U-16 kesulitan dalam mempersiapkan rencananya," sambung laporan itu.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan sempat merespons protes yang diajukan media Vietnam. Iwan Bule mengatakan bahwa tim Golden Star Warriors jangan banyak mengeluh.

"Setiap negara mempunyai aturan sendiri. Jangan banyak mengeluh," kata Iwan Bule dilansir dari ANTARA, Selasa (19/7/2022).

Adapun di Piala AFF U-16 2022 ini, timnas Indonesia U-16 segrup dengan Filipina, Vietnam, dan Singapura.

Sementara Grup B ada Thailand, Timor Leste, Laos, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup C diisi oleh Malaysia, Australia, Myanmar, serta Kamboja.

Berita Terkait

Berita Terkini