Boladunia

Kalahkan Salah dan Mendy, Sadio Mane Jadi Pemain Terbaik Afrika 2022

Ini menjadi kedua kalinya Sadio Mane memenangi penghargaan tersebut.

Husna Rahmayunita

Aksi Sadio Mane cetak gol saat Bayern Munich kalahkan DC United 6-2. (Twitter)
Aksi Sadio Mane cetak gol saat Bayern Munich kalahkan DC United 6-2. (Twitter)

Bolatimes.com - Bintang Timnas Senegal Sadio Mane dinobatkan sebagai pemain terbaik Afrika 2022, mengalahkan Mohamed Salah hingga Edouard Mendy.

Gelar tersebut didapatkannya selepas menjadi penentu penentu kemenangan dari tendangan penalti yang membawa Senegal menjuarai Piala Afrika pertamanya dan mengulangi prestasi itu ketika mengamankan tiket putaran final Piala Dunia 2022.

Ini menjadi kedua kalinya Sadio Mane memenangi penghargaan tersebut. Dia pemenang terakhir penghargaan ini pada 2019. Konfederasi Sepak Bola Afrika tidak memberikan penghargaan ini selama dua tahun terakhir.

Sadio Mane mencetak gol penalti kemenangan pada Februari saat Senegal mengalahkan Mesir dalam final Piala Afrika di Yaounde sehingga untuk pertama kalinya Senegal menjuarai Piala Afrika.

Enam pekan kemudian, pemain berusia 30 tahun itu mengonversi lagi tendangan penalti yang menentukan sukses Senegal dalam mengalahkan Mesir untuk memperebutkan tiket putaran final Piala Dunia Qatar.

Dia membayangi Salah pada kedua kesempatan itu sekalipun kedua pemain ini berbagi sukses di Liverpool sebagai juara Piala FA dan Piala Carabao dan membantu tim ini mencapai final Liga Champions di mana mereka kalah dari Real Madrid.

Mane juga mengungguli Salah dalam pemungutan suara 2019. Salah memenangkan penghargaan ini pada 2017 dan 2018 di mana Mane menempati urutan kedua pada kedua kesempatan tersebut.

"Saya mendedikasikan penghargaan ini untuk kaum muda Senegal," kata Mane kepada hadirin dalam penghargaan CAF di Rabat setelah terbang dari Washington DC di mana du sana dia mencetak gol saat Bayern mengalahkan DC United pada Rabu.

Mendy yang bermain untuk Chelsea, dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik di dunia dalam penghargaan FIFA 2021 pada Januari, demikian Reuters via Antara.

Berita Terkait

Berita Terkini