Boladunia

3 Bintang Timnas Bolivia, Calon Lawan Indonesia di FIFA Matchday

Berikut 3 pemain bintang Timnas Bolivia yang salah satunya bermain di Eropa.

Rauhanda Riyantama

Timnas Bolivia menyanyikan lagu kebangsaan sebelum dimulainya pertandingan melawan Paraguay dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Stadion Hernando Siles, La Paz, pada 14 Oktober 2021. (Javier Mamani/AFP)
Timnas Bolivia menyanyikan lagu kebangsaan sebelum dimulainya pertandingan melawan Paraguay dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Stadion Hernando Siles, La Paz, pada 14 Oktober 2021. (Javier Mamani/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia diprediksi bakal menghadapi Timnas Bolivia pada agenda FIFA matchday periode September 2022 mendatang.

Munculnya kabar ini berasal dari pernyataan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. PSSI sudah mendapat satu lawan untuk timnas Indonesia. Negara yang dimaksud Ketua Umum PSSI itu berasal dari Amerika Latin.

“Salah satu negara Amerika Latin yang pasti. Menurut rencana mainnya di Indonesia. Saya meminta (calon lawan) ranking-nya di bawah 100. Ya 100 sampai 80 lah,” kata Iriawan.

Jika yang dicari tim dengan peringkat 80 sampai 100 dalam ranking FIFA, maka satu-satunya negara asal Amerika Latin yang memenuhi kriteria ialah Bolivia.

Sebab, berdasarkan peringkat FIFA yang telah dirilis pada 23 Juni lalu, timnas Bolivia berada di ranking ke-81. Iriawan menyebutkan, timnas Indonesia tak akan menghadapi Bolivia saja pada ajang FIFA Matchday itu. Sebab, PSSI tengah mencari satu lawan lagi untuk skuad Garuda.

Menariknya, bukan kali pertama ini Timnas Bolivia muncul dalam bursa calon lawan Timnas Indonesia di laga persahabatan.

Tahun lalu sempat muncul kabar bahwa Bolivia bakal menjadi lawan skuad Merah Putih. Namun, belakangan Ketua Federasi Sepak Bola Bolivia membantah kabar tersebut.

Jika memang nanti Timnas Indonesia melawan Timnas Bolivia, berikut beberapa pemain bintang yang membela skuad berjuluk La Verde tersebut.

1. Marcelo Moreno

Pemain bintang pertama Timnas Bolivia adalah sang penyerang andalan mereka, Marcelo Moreno. Pemain veteran berusia 35 tahun ini tetap jadi andalan Bolivia di lini depan.

Bahkan pemain yang kini membela klub Paraguay, Cerro Porteno, itu menjadi top skor di Kualifikasi Piala Dunia Zona CONMEBOL dengan 10 gol.

Dia mengalahkan pemain-pemain bintang lain macam Lionel Messi hingga Neymar. Moreno sendiri sudah mengantongi 96 caps untuk Bolivia dengan torehan 30 gol dan jadi pencetak gol terbanyak bagi negaranya.

2. Jairo Quinteros Sierra

Bek muda berusia 21 tahun ini merupakan salah satu talenta yang dimiliki oleh Bolivia sekarang. Dia merupakan jebolan akademi Valencia.

Setelah dari Valencia, dia direkrut oleh klub top MLS, Inter Miami. Dia sedang dipinjamkan ke klub Bolivia, Club Bolivar. Saat ini Sierra sudah mengantongi 13 caps buat Timnas Bolivia.

3. Ramiro Vaca

Ramiro Vaca adalah salah satu pemain Bolivia yang kini berkarier di Eropa. Dia bergabung dengan klub Belgia, Beerschot.

Di musim 2021/22 dia mentas sebanyak 14 kali, namun sang gelandang berusia 23 tahun ini gagal menyelamatkan klubnya dari degradasi.

Ramiro Vaca tercatat sudah mengoleksi 19 caps bersama Timnas Bolivia dan mencetak 2 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini