Boladunia

Media Malaysia Kaget Indonesia Maju Jadi Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023

Media Malaysia komentari keputusan Indonesia.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Trofi Piala Asia (AFC) dalam pertandingan sepak bola final Piala Asia 2019 antara Jepang vs Qatar di Stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi pada 1 Februari 2019. Karim Sahib / AFP.
Trofi Piala Asia (AFC) dalam pertandingan sepak bola final Piala Asia 2019 antara Jepang vs Qatar di Stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi pada 1 Februari 2019. Karim Sahib / AFP.

Bolatimes.com - Langkah Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 dikomentari oleh media Malaysia. Keputusan tersebut dianggap cukup mengagetkan.

Diketahui, Piala Asia 2023 sejatinya akan digelar di China. Sayangnya Negeri Tirai Bambu itu mengundurkan diri karena kasus Covid-19.

Alhasil pihak AFC menawarkan ke negara peserta yang ingin menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang. Keempatnya yakni Indonesia, Australia, Korea Selatan dan Qatar.

Pengumuman itu disampaikan AFC lewat laman resmi mereka, the-afc.com pada Senin (18/7/2022).

"Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menerima Expressions of Interest (EoI) dari empat Asosiasi Anggota AFC untuk menjadi tuan rumah putaran final Piala Asia 2023," demikian pernyataan AFC.

Keempat negara tersebut, termasuk Indonesia lewat Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) telah diberikan regulasi bidding tuan rumah Piala Asia 2023 oleh AFC pada 17 Juni lalu.

AFC kini menunggu masing-masing federasi sepak bola dari keempat negara untuk menyerahkan dokumen bidding hingga batas waktu 31 Agustus 2022.

Setelah itu, AFC lewat badan administrasinya akan melakukan pengkajian dan memilih negara mana yang berhak menjadi tuan rumah dari kompetisi yang diikuti 24 tim tersebut. Pengumuman itu akan disampaikan lewat Komite Eksekutif AFC pada 17 Oktober 2022.

Nah, langkah yang diambil oleh PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023 menjadi kejutan. Media Malaysia mengakui keputusan Indonesia itu sungguh mengagetkan.

"Kehadiran Indonesia dalam negara tersebut agak mengejutkan karena sebelumnya Jepang dikatakan salah satu negara yang berminat jadi tuan rumah Piala Asia 2023," tulis laporan bharian.com.my dinukil pada Selasa (19/7/2022).

Adapun turnamen Piala Asia 2023 akan digelar pada 16 Juni-16 Juli 2023 mendatang. Timnas Indonesia jadi salah satu negara peserta setelah lolos via kualifikasi.

Berita Terkait

Berita Terkini