Boladunia

Profil Zidane Iqbal, Wonderkid Irak yang Punya Rekor Bersejarah di Manchester United

Mari berkenalan dengan Zidane Iqbal. Btw, nama belakangnya Indonesia banget, ya?

Irwan Febri Rialdi

Wonderkid Manchester United, Zidane Iqbal, dalam pertandingan pramusim. (Martin Keep/AFP)
Wonderkid Manchester United, Zidane Iqbal, dalam pertandingan pramusim. (Martin Keep/AFP)

Bolatimes.com - Performa impresih yang ditampilkan wonderkid asal Irak, Zidane Iqbal, saat Manchester United menumbangkan Liverpool dengan skor 4-0 menuai decak kagum.

Pada laga pramusim antara Manchester United melawan Liverpool di Stadion Rajamangala, Bangkok, Selasa (12/7/2022) itu, Zidane Iqbal bermain pada awal babak kedua untuk menggantikan Fred.

Meskipun tak mencatatkan gol maupun assist, tetapi permainan cemerlang yang diperlihatkan Zidane Iqbal menjadi perbincangan tersendiri terlepas dari kemenangan 4-0 itu.

Performa impresif yang ditampilkan gelandang berusia 19 tahun ini membuat banyak pihak meyakini bahwa Zidane Iqbal akan menjadi bintang masa depan tim Setan Merah.

Dia pun sempat mengucapkan terima kasih kepada Erik ten Hag yang memberikan kesempatannya untuk tampil bersama skuad utama.

“Melawan Liverpool yang sangat kuat dan akhirnya bisa menang, saya hanya ingin berterima kasih kepada pelatih karena telah memberikan kepercayaan. Saya merasa bersemangat karena ini turn pertama saya,” kata Iqbal dikutip dari situs resmi klub.

Profil Zidane Iqbal

Zidane Iqbal merupakan pesepak bola yang lahir dari pasangan ayah asal Pakistan dan ibu berkebangsaan Irak. Namun, Iqbal justru lahir di Manchester, Inggris, pada 27 April 2003.

Pemain bernama lengkap Zidane Aamar Iqbal itu sudah bermain sepak bola sejak usia empat tahun dan bergabung dengan akademi Manchester United ketika menginjak usia sembilan tahun.

Performa impresifnya di kelompok usia muda membuat manajemen Man United bergerak cepat untuk mengamankan masa depan gelandang berpostur 180 cm ini.

Sebab, pada April 2021, Zidane Iqbal mendapatkan kontrak profesional pertamanya di MU. Iqbal juga sudah mencatatkan debut bersejarah bersama Setan Merah.

Sebab, dia mendapat kesempatan bermain pada duel melawan Young Boys pada ajang Liga Champions 2021/2022. Meskipun baru masuk pada menit ke-89, debut ini memiliki nilai historis.

Pasalnya, Zidane Iqbal menjadi pemain keturunan Inggris-Asia Selatan pertama yang bermain untuk Manchester United. Istimewanya lagi, debut itu tercatat di ajang sebesar Liga Champions.

Karena garis keturunan dan tempat kelahirannya itu, Zidane Iqbal berkesempatan untuk membela tiga negara, yakni Inggris, Irak, dan Pakistan.

Namun, ternyata ia memilih untuk membela Irak setelah mendapatkan paspor pada Mei 2021. Ketika itu, Iqbal memperkuat Irak U-20 di ajang Piala Arab U-20 2021.

Sayangnya, Iqbal tak bisa memenuhi panggilan tersebut karena dilarang oleh pihak klub mengingat kondisi pandemi Covid-19 ketika itu.

Debutnya bersama timnas Irak kemudian terjadi di kelompok U-23. Dia bermain pada ajang Piala WAFF 2021, turnamen antarnegara Asia Barat.

Saat itu, dia menjadi salah satu di antara 23 nama pemain yang dipanggil untuk memperkuat timnas Irak U-23 yang bersaing di Piala WAFF U-23 2023

Di level senior, debutnya tercipta ketika memperkuat timnas Irak pada gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Iqbal bermain pada dua laga ketika menghadapi Iran dan Lebanon.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini