Boladunia

Profil Aysar Hadi, Kapten Timnas Malaysia U-19 yang Dituduh Lakukan Pencurian Umur

Aysar Hadi dituding tak suportif.

Husna Rahmayunita

Kapten Malaysia U-19, Aysar Hadi yang dituding curi umur. (FA Malaysia)
Kapten Malaysia U-19, Aysar Hadi yang dituding curi umur. (FA Malaysia)

Bolatimes.com - Tindakan tidak sportif dituding dilakukan oleh kapten Timnas Malaysia U-19, Aysar Hadi. Setelah memastikan diri keluar sebagai juara Piala AFF U-19 2022, kabar tak sedap datang dari tim Harimau Malaya.

Aysar Hadi dituding tidak lahir ada 2003. Salah satu media Vietnam The Thao 247, yang mengabarkan laporan ini dengan menyebut Aysar Hadi lebih tua dari dokumen yang dilaporkan Malaysia ke penyelenggara Piala AFF U-19.

Dalam laporan media Vietnam tersebut, kecurigaan timbul saat salah satu akun bernama Happy World unggah foto mirip Aysar Hadi. Unggahan Happy World sendiri diunggah pada salah satu forum online di Vietnam.

"Di dokumen, Aysar Hadi lahir pada 2003, tetapi banyak orang percaya striker yang kenakan nomor punggung 13 itu telah menipu usianya," tulis laporan media Vietnam tersebut.

Di foto unggahan tersebut, sosok Aysar Hadi disebutkan telah bermain secara profesional sebagai pesepak bola sejak tiga tahun lalu.

Dalam foto-foto yang diunggah itu, terlihat Aysar Hadi saat di lapangan dan luar lapangan. Foto-foto itu yang menjadi dugaan bahwa Hadi dan timnas Malaysia U-19 melakukan tindak pencurian umur.

Hingga saat ini dan berita ini diturunkan AFF ataupun Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), belum memberikan tanggapan apapun atas dugaan pencurian umur tersebut.

Aysar Hadi sendiri merupakan sosok yang mendapat penghargaan pemain terbaik pada Piala AFF U-19 2022. 

Ketua PSSI Mochamad Iriawan memberi ucapan selamat sekaligus mempersembahkan tanda penghargaan kepada pemain berposisi gelandang itu.

Malaysia memastikan diri menjadi kampiun Piala AFF U-19 usai mengalahkan Laos U-19 pada partai puncak yang berlangsung pada Jumat (15/7).

Malaysia berhasil unggul cepat pada menit ke-14, ketika Muhammad Faiz Runnizar menyambar umpan tendangan bebas yang jatuh di depan gawang.

Laso kembali kebobolan pada menit ke-76. Malaysia menyerang dari sisi kanan dan Muhammad Alif Farhan mengirimkan umpan silang dini, yang disambar oleh Muhammad Aliff Izwan Yuslan. 

Ini merupakan gelar Piala AFF U-19 kedua bagi Malaysia setelah sebelumnya meraih trofi tersebut pada 2018.

Adapun, berikut profil Aysar Hadi yang diduga melakukan pencurian umur:

Nama: Ahmad Aysar Hadi Bin Mohd Shapri

Tempat, Tanggal Lahir: Malaysia, 4 September 2003

Klub: Johor Darul Takzim (JDT)

Pengalaman di Timnas Malaysia: Malaysia U-19 dan Malaysia U-23

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini