Boladunia

Media Vietnam Bocorkan Hasil Investigasi AFF Soal Dugaan Main Sabun di Laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19

Ini hasil investigasi AFF yang dibocorkan media Vietnam.

Rauhanda Riyantama

Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)
Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Media Vietnam, The Thao247, membocorkan hasil investigasi AFF perihal dugaan ‘main sabun’ yang dimainkan Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 2022 lalu. Bagaimana hasilnya?

Gelaran Piala AFF U-19 2022 telah memasuki babak akhir. Namun hal ini tak serta merta membuat kejadian dugaan ‘main sabun’ antara Vietnam dan Thailand berakhir begitu saja.

Seperti yang diketahui, Vietnam dan Thailand diduga ‘main sabun’ atau melakukan sepak bola gajah di laga terakhir grup A Piala AFF U-19 2022, Minggu (10/7) lalu.

Dugaan ini muncul karena kedua tim terlihat tak berniat menang dan memilih bermain aman serta mengakhiri laga dengan skor 1-1.

Hasil imbang 1-1 itu kemudian memberi dampak ke Timnas Indonesia U-19 yang gagal lolos ke semifinal kendati menang 5-1 atas Myanmar dan punya poin yang sama serta unggul selisih gol di klasemen.

Berdasarkan regulasi AFF, Vietnam dan Thailand lolos karena unggul Head to Head atas Timnas Indonesia U-19.

Atas hasil tersebut, netizen Tanah Air yang didominasi suporter Timnas Indonesia menyebut adanya indikasi main mata antara Vietnam dan Thailand sehingga laga berakhir 1-1.

Indikasi ini makin kuat dengan penampilan kedua tim di lapangan yang tampak bermain santai usai kedudukan menjadi 1-1.

Alhasil, adanya indikasi itu membuat PSSI kemudian melayangkan surat resmi kepada AFF agar melakukan investigasi akan kejadian yang melanggar Asas Fair Play tersebut.

Usai adanya protes ini, media Vietnam, The Thao247, menyebutkan bahwa AFF telah memutuskan hasil investigasi sesuai permintaan PSSI.

Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)
Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)

Dianggap Bersih

Dalam artikelnya, The Thao247 menyebutkan bahwa dugaan ‘main sabun’ yang menyasar ke Vietnam dan Thailand tak terbukti.

Hal ini seiring adanya bocoran dari keputusan AFF, di mana kedua tim dianggap melakukan pertandingan yang bersih.

Dalam artikelnya, The Thao247 menyebutkan bahwa PSSI harus menelan pil pahit karena tuntutannya yang sesuai yang diharapkan.

Bahkan, The Thao247 mengklaim bahwa PSSI yang belum mendapat jawaban memuaskan akan mengajukan keberatan ke AFC dan juga FIFA.

Meski The Thao247 telah mengklaim hasil investigasi tersebut, PSSI belum buka suara mengenai respons AFF atas gugatannya.

Terlepas dari hal tersebut, baik Vietnam dan Thailand tak mampu melangkah jauh di Piala AFF U-19 2022 ini. Sebab, kedua tim tersebut tumbang di semifinal.

Vietnam harus menyerang dari Malaysia dengan skor 0-3. Sedangkan Thailand dibuat tak berkutik oleh Laos dengan skor 0-2.

Kini, Vietnam dan Thailand akan kembali berhadapan dan memperebutkan posisi ketiga yang akan berlangsung pada hari ini, Jumat (15/7) sore WIB.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini