Boladunia

Viral Momen Pemain Thailand Sengaja Tak Mau Bobol Gawang Laos, Netizen Curiga Piala AFF U-19 2022 Sudah Diatur

Momen pemain Thailand ogah bobol gawang Laos di semifinal Piala AFF U-19 2022 bikin netizen curiga turnamen ini settingan.

Rauhanda Riyantama

Potret aksi pemain Laos U-19 saat kalahkan Thailand U-19 2-0 di semifinal Piala AFF U-19 2022. (Instagram/changsuek)
Potret aksi pemain Laos U-19 saat kalahkan Thailand U-19 2-0 di semifinal Piala AFF U-19 2022. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Semifinal Piala AFF U-19 2022 menghadirkan momen menarik saat pemain Thailand U-19 terlihat sengaja tak mencetak gol ke gawang Laos U-19. Kejadian ini pun menjadi perdebatan netizen.

Belum lama ini, semifinal Piala AFF U-19 2022 digelar di mana terdapat dua pertandingan yang tersaji dalam babak empat besar itu pada Rabu (13/7).

Vietnam yang lebih dulu bermain, berhadapan dengan Malaysia di Stadion Patriot Candrabhaga. Tak disangka, The Golden Star yang jadi calon juara justru tumbang dari Harimau Malaya dengan skor 0-3.

Beberapa jam setelahnya giliran Thailand yang bersua Laos. Lagi-lagi kejutan hadir di mana Tim Xhad, julukan Laos, mampu mengalahkan Gajah Perang dengan skor 0-2.

Kekalahan Vietnam dan Thailand terasa ganjal, mengingat kedua tim merupakan dua tim terkuat yang dijagokan bisa menjuarai ajang ini.

Kejanggalan Vietnam dan Thailand yang tumbang di semifinal kian terasa terutama saat laga Gajah Perang melawan Laos.

Di laga itu, Thailand dianggap tak niat bermain. Apalagi dengan beredarnya momen di mana pemain Gajah Perang secara sengaja tak mencetak gol ke gawang laos.

Momen itu terjadi di menit ke-78. Saat itu, Thailand yang tertinggal 0-1 dari Laos tengah membangun serangan.

Serangan itu pun berbuah kemelut di depan gawang Laos, dan kemudian bola mengarah ke Winai Aimaot yang berada di depan gawang.

Winai Aimot yang punya kesempatan mencetak gol besar, malah tak menendang bola dan terlihat seperti hanya mengoper bola ke kiper Laos. Video bisa dilihat di link berikut ini.

Momen pemain Thailand ogah bobol gawang Laos di semifinal Piala AFF U-19 2022 bikin netizen curiga turnamen ini settingan. (TikTok)
Momen pemain Thailand ogah bobol gawang Laos di semifinal Piala AFF U-19 2022 bikin netizen curiga turnamen ini settingan. (TikTok)

Andai saja Winai Aimot bisa mencetak gol, maka kedudukan akan menjadi 1-1 dan Thailand berpeluang lolos ke final.

Kegagalan Winai Aimot mencetak gol itu pun membuat Laos berhasil mencetak gol kedua di menit k-85 dan akhirnya keluar sebagai pemenang.

Momen Winai Aimot yang mengoper bola ke kiper Laos itu pun beredar luas di media sosial, sehingga netizen memberikan beragam komentarnya.

Sebagian meyakini bahwa Thailand dan Vietnam mengalah di laga semifinal dari Laos dan Malaysia agar kedua tim tak diusut AFF atau bahkan FIFA buntut dari laga terakhir grup A Piala AFF U-19 2022.

''filing ku kaya disengaja biar ga disanksi FIFA,'' ujar salah satu netizen.

''AFF kali ini berasa udah diskenario gasii,'' sahut netizen lainnya.

''Udah ketinggalan satu kosong seharusnya pemain kecewa berat kaya gitu ga gol tapi gesturnya kaya ga ada kesel²nya apalagi ini di semifinal,'' ujar netizen.

Sebagai informasi, dugaan sepak bola gajah menyasar ke Thailand dan Vietnam usai keduanya bermain imbang 1-1 di laga terakhir grup A Piala AFF U-19 2022, Minggu (10/7).

Kedua tim sama-sama menunjukkan ketidak inginan untuk menang saat bertemu dan menyudahi laga 1-1 agar keduanya lolos dan menjegal langkah Timnas Indonesia U-19 ke semifinal.

Dugaan sepak bola gajah ini makin kuat dengan adanya indikasi seperti pemain berpura-pura cedera di sisa waktu dan munculnya unggahan dari pelatih fisik Vietnam, Le Cao Cuong.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini