Boladunia

Deretan Pemain Bintang yang Alami Cedera Jelang Turnamen Penting, Terbaru Alexia Putellas

Alexia Putellas alami cedera jelang tampil di Euro Wanita 2022.

Rauhanda Riyantama

Alexia Putellas, pesepakbola wanita. (Instagram/@alexiaps94)
Alexia Putellas, pesepakbola wanita. (Instagram/@alexiaps94)

Bolatimes.com - Seolah sudah menjadi kutukan, deretan pemain top justru mengalami cedera jelang melakoni pertandingan penting bahkan beberapa di antaranya terpaksa harus absen karena itu.

Baru-baru ini momen sial itu dialami gelandang tim nasional wanita Spanyol, Alexia Putellas yang namanya sedang naik daun karena performa ciamiknya.

Karena performanya yang mengagumkan itu, Alexia Puttellas sukses menyabet gelar Ballon d'Or Wanita 2021 dan bakal dibawa ke Inggris untuk Euro Wanita 2022.

Nahas, beberapa hari sebelum gelaran Euro Wanita 2022 sang pemain justru mengalami nasib sial saat melakoni latihan dan membuatnya harus absen panjang.

Perempuan berusia 28 tahun itu mengalami cedera ligamen anterior usai terkilir saat latihan, meskipun meyakini cederanya itu bakal segera membaik.

Namun kenyataan bahwa Puttelas harus berada di tribun penonton saat negaranya bertanding harus ia hadapi lebi dulu untuk saat ini.

Sang pemain tentu sedih, meskipun Puttelas bukanlah satu-satunya pemain profesional yang dipaksa mengalami cedera padahal turnamen penting akan digelar.

Berikut ini deretan pemain sepanjang sejarah yang mengalami cedera parah, menjelang berlaga di turnamen penting.

1. Wayne Rooney

Wayne Rooney saat membela Timnas Inggris pada tahun 2013 (Glyn Kirk/AFP)
Wayne Rooney saat membela Timnas Inggris pada tahun 2013 (Glyn Kirk/AFP)

Timnas Inggris terpaksa harus tampil tanpa Wayne Rooney di Piala Dunia 2006, setelah bintang Manchester United itu mengalami cedera.

Rooney yang saat itu menjadi bintang timnas Inggris mengalami cedera saat berhadapan dengan Portugal pada babak perempat final Euro 2014.

Sebulan sebelum Piala Dunia 2006 digelar, Rooney mengalami cedera metatarsal yang membuatnya harus menjalani pemulihan secara penuh.

Meskipun pada akhirnya ia masuk skuat Negeri Tiga Singa, dengan menahan rasa sakit ia bermain dan menyudahi Piala Dunia saat itu tanpa gol.

2. Jordan Nobbs

Sial pernah dialami bintang Arsenal wanita ini, ia harus absen di Piala Dunia Wanita 2015 beberapa pekan sebelum turnamen digelar mengalami cedera hamstring.

Empat tahun berselang ia juga harus absen membela Inggris di Piala Dunia setelah mengalami cedera ACL di Liga Inggris Wanita melawan Everton.

Kesempatan bermain untuk timnas Inggris Wanita datang di EURO Wanita 2022, meskipun pada April 2022 ia kembali mengalami cedera.

3. Romario

Romario. (Sumber: Dok. Independent.co.uk).
Romario. (Sumber: Dok. Independent.co.uk).

Legenda sepak bola Brasil ini rencananya merupakan andalan di Piala Dunia 1990, namun terpaksa gagal karena cedera serius sebelum turnamen.

Meskipun pada akhirnya ia masuk skuat Brasil, dan hanya bisa bermain selama 66 menit setelah Brasil tersingkir dari babak 16 besar.

4. Marco Reus

Saat rekan setimnya mengangkat troofi Piala Dunia 2014 Brasil, Marco Reus justru berkutat dengan pemulihan karena cedera yang dialaminya.

Padahal Reus merupakan pemain paling menonjol selama babak Kualifikasi Piala Dunia 2014, nahas ia mengalami cedera pergelangan kaki yang didapat saat pemanasan.

Dua tahun kemudian Reus kembali harus absen membela negaranya di EURO 2016 setelah mengalami cdera pangkal paha.

Kontributor: Eko Isdiyanto

Berita Terkait

Berita Terkini