Boladunia

Efek Jordi Amat , JDT Jadi Klub dengan Nilai Pasar Tertinggi di Asia Tenggara

Skuat JDT ditaksir bernilai Rp131 miliar.

Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto

Jordi Amat resmi gabung Johor Darul Takzim (JDT). (Twitter/@officialjohor)
Jordi Amat resmi gabung Johor Darul Takzim (JDT). (Twitter/@officialjohor)

Bolatimes.com - Klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) dilaporkan tim dengan nilai pasar tertinggi di Asia Tenggara. Diklaim, salah satu penyebabnya usai mendatangkan calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat.

Menukil dari laporan Makanbola.com pada Jumat (8/7/2022), JDT dinobatkan menjadi klub dengan nilai pasar tertinggi menurut data dari Transfermarkt. Klub milik Pangeran Johor ini punya nilai pasar 8,65 juta euro (sekitar Rp131 miliar).

Nilai pasar JDT ini mengalahkan klub-klub Thailand, seperti Buriram United (8,55 juta euro) serta BG Pathum United (7,73 juta euro).

Nah, naiknya nilai pasar JDT ini merupakan efek dari kedatangan pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat. Bek berusia 30 tahun ini punya nilai pasar sebesar 1 juta euro.

"Gabungnya pemain baru JDT, Jordi Amat menjadi titik balik terbesar peningkatan nilai pasar klub. Jordi Amat menjadi satu-satunya pemain JDT dengan harga mencapai 1 juta euro," tulis laporan tersebut.

Adapun Jordi Amat sebelumnya memunculkan polemik ketika resmi pindah ke JDT. Eks Espanyol itu sempat mengundang amarah netizen.

Bahkan sebagaian netizen meminta proses naturalisasi Jordi Amat dibatalkan karena ia memilih untuk berkarier di Malayasia.

Kendati demikian, saat ini PSSI tetap melanjutkan proses naturalisasi sang pemain. Hal itu karena dari rekomendasi Shin Tae-yong untuk tetap melanjutkannya.

Berita Terkait

Berita Terkini