Boladunia

Profil Najmuddin Akmal, Pemain Timnas Malaysia U-19 yang Mirip Marouane Fellaini

Awas, Malaysia diperkuat 'Felllaini' di Piala AFF U-19 2022. Hehe

Irwan Febri Rialdi

Najmuddin Akmal, pemain Timnas Malaysia U-19 yang mirip Fellaini. (Dok. FAM)
Najmuddin Akmal, pemain Timnas Malaysia U-19 yang mirip Fellaini. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Penyerang timnas Malaysia U-19, Muhammad Najmuddin Akmal, sukses mencuri perhatian setelah membantu timnya meraih kemenangan pertama di fase penyisihan Grup B Piala AFF U-19 2022.

Sebab, Muhammad Najmuddin Akmal sukses mencetak gol pembuka timnas Malaysia U-19 untuk membenamkan Kamboja pada laga yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Selasa (5/7/2022) itu).

Gol yang dicetak Najmuddin Akmal pada menit ke-13 itu diikuti Muhammad Haqqal yang turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-30. Kamboja hanya bisa membalas satu gol lewat Chanvibol Davit (55’).

Selain mencetak gol pertama timnas Malaysia di Piala AFF U-19 2022, Najmuddin Akmal juga mencuri perhatian karena wajah dan potongan rambutnya yang mirip pesepak bola asal Belgia, Marouane Fellaini.

Pasalnya, striker muda yang berasal dari klub Johor Darul Takzim (JDT) ini memiliki rambut keriting yang cukup panjang, hingga nyaris menyerupai milik Fellaini.

Profil Najmuddin Akmal

Pemain bernama lengkap Muhammad Najmuddin Akmal bin Kamal Akmal ini merupakan pesepak bola kelahiran Kuala Lumpur, Malaysia, pada 11 Januari 2003.

Najmuddin Akmal memang sudah menjadi bagian dari skuad timnas Malaysia sejak usia muda. Tercatat, ia juga pernah bermain untuk timnas Malaysia U-16.

Sejak masih berusia kanak-kanak, Najmuddin Akmal sudah menimba ilmu bersama CIMB-YFA, mulai dari tahun 2008 hingga 2014. Dia juga pernah bergabung ke MBSA Academy pada 2015.

Setelah itu, Akmal berlatih bersama Pahang Malaysia Sport School (2016), Mokhtar Dahari Academy (2017-sekarang).

Bersama timnas Malaysia U-16, pemain yang kini berusia 19 tahun itu  pernah menembus putaran final Piala Asia U-19 2018.

Bersama Akademi Mokhtar Dahari (AMD) itu, Najmuddin Akmal sudah bermain di timnas U-16 Malaysia bersama pemain-pemain yang lebih senior, mulai dari Lukman Hakim Shamsuddin hingga Zikri Khalili.

Sayangnya, anak ketiga dari empat saudara ini pernah mengalami nasib tragis karena mendapat cedera parah.

Pada sebuah ajang bersama AMD medio September 2019, ia sempat mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) dan Meniscus. Imbasnya, Akmal harus absen lama dari lapangan.

Meskipun demikian, Akmal mampu melewati segala tantangan yang mengadang saat menjalani proses pemulihan cedera. Baginya, itu adalah masa-masa yang sulit sepanjang kariernya sebagai pesepak bola.

Kini, Najmuddin Akmal telah mencatatkan kiprah impresifnya bersama timnas Malaysia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.

Satu golnya pada laga perdana ke gawang Kamboja bakal menjadi titik mula perjuangan pemain berusia 19 tahun ini di turnamen antarnegara ASEAN tersebut.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini