Boladunia

Akhir Sebuah Era, Ini Statistik Mentereng Trio Firmansah selama Lima Tahun di Liverpool

Trio Firmansah, Firmino, Mane, dan Salah selalu jadi momok menakutkan tim lawan.

Rauhanda Riyantama

Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane saat melawan West Ham (Oli Scarff/AFP)
Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane saat melawan West Ham (Oli Scarff/AFP)

Bolatimes.com - Liverpool tengah menuju akhir sebuah era, menyusul berpisahnya trio Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah atau biasa disebut Trio Firmansah.

Berakhirnya era Trio Firmansah ini ditandai dengan perginya Sadio Mane di musim panas 2022 ini dari Liverpool menuju Bayern Munich.

Penyerang asal Senegal ini hengkang usai Bayern Munich menebus kontraknya yang tersisa satu tahun lagi dengan mahar 35 juta poundsterling (Rp637 miliar).

Kepergian Sadio Mane ini pun digadang-gadang bakal diikuti Mohamed Salah yang kontraknya juga bakal berakhir pada 2023 mendatang.

Saat ini, Liverpool dan Mohamed Salah belum menemui titik terang dalam pembicaraan kontrak baru, seiring perbedaan pendapat di antara kedua pihak.

Pihak Mo Salah ingin kliennya menerima bayaran masif sehingga menjadi salah satu pemain dengan bayaran termahal di Liga Inggris. Sedangkan Liverpool tak mau menyanggupi permintaan itu.

Alhasil, muncul desas-desus bahwa Liverpool juga berpotensi melepas Mo Salah di musim panas ini ketimbang harus melepaskannya secara gratis pada tahun depan.

Di sisi lain, Roberto Firmino yang jauh dari pemberitaan, telah memasuki usia senja untuk ukuran pemain, sehingga jasanya kerap tergantikan, terlebih dengan hadirnya Darwin Nunez.

Dengan telah perginya Sadio Mane dan bakal didepaknya Mo Salah, maka era Trio Firmansah di Liverpool benar-benar akan berakhir.

Trio Firmansah ini menjadi tonggak kesuksesan Liverpool dalam merengkuh berbagai gelar di kancah domestik dan Eropa, terhitung sejak musim 2017/2018 silam.

Catatan Apik Trio Firmansah

Trio Firmansah terbentuk diawali dengan kehadiran Roberto Firmino yang bergabung Liverpool dari tim Jerman, Hoffenheim, pada musim panas 2015.

Setelahnya, giliran Sadio Mane yang bergabung dari Southampton ke Liverpool pada 2016 dengan mahar Rp716 miliar kala itu.

Setahun berselang, giliran Mohamed Salah yang datang ke Liverpool dari AS Roma dengan mahar Rp730 miliar di tahun tersebut.

Tercatat sejak musim 2017/2018, ketiganya kemudian menjadi tumpuan Liverpool baik di kancah domestik dan Eropa.

Di musim perdana Trio Firmansah ini lahir, Liverpool hampir menjadi juara Liga Champions usai tumbang di final dari Real Madrid.

Lima tahun berselang, akhir era Trio Firmansah berakhir dengan hampir juaranya Liverpool di Liga Inggris dengan terpaut satu poin dari Manchester City dan hampir menjuarai Liga Champions usai kalah dari Real Madrid.

Selama membela Liverpool, ketiganya mampu memberikan kontribusi bagi Liverpool seperti catatan di bawah ini:

Roberto Firmino: 327 laga, 98 gol, 67 assist
Sadio Mane: 269 laga, 120 gol, 38 assist
Mohamed Salah: 254 laga, 156 gol, 58 assist

Sejak trio ini terbentuk pada 2017/2018, Liverpool berhasil mengakhiri puasa gelar yang telah mereka rasakan sejak lama.

Bersama Trio Firmansah, Liverpool berhasil meraih seluruh gelar yang bisa diraih oleh sebuah tim Inggris dalam kurun waktu lima tahun kebersamaan ketiganya, antara lain:

- 1 gelar Liga Inggris
- 1 gelar Liga Champions
- 1 gelar Piala FA
- 1 gelar Piala Liga Inggris
- 1 gelar UEFA Super Cup
- 1 gelar Piala Dunia Antarklub

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini