Boladunia

Mengenal 8 Kiper dengan Portur Terpendek di Dunia, Siapa Saja?

Jika umumnya punya postur tinggi, 8 kiper ini justru sebaliknya.

Rauhanda Riyantama

Kiper Francesco Quintini. (Twitter)
Kiper Francesco Quintini. (Twitter)

Bolatimes.com - Postur tinggi pemain menjadi salah satu faktor menentukan bagaimana seorang kiper memiliki kualitas terbaiknya, namun bagaimana jika tingginya tak sesuai dan cenderung pendek.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Liga Inggris, memiliki kiper dengan rata-rata tinggi mencapai 1,9 meter atau sekitar 6 kaki 3 inci.

Meski begitu sederet kiper ternama Spanyol dan bahkan menjadi andalan negara-negaranya tak mencapai rataan tinggi tersebut, Victor Valdes, David Ospina dan Iker Casillas contohnya.

Hal itu membuktikan jika postur tinggi seorang kiper tak menentukan kualitas sempurna yang dimiliki saat bermain di atas lapangan.

Lantas selain tiga nama di atas siapa lagi kiper yang memiliki postur pendek? setidaknya ada 12 nama lain berikut di antaranya.

1. Giuseppe Cavanna

Kiper asal Italia ini memiliki tinggi badan 1,71 m atau sekitar 5 kaki 7 inci, bermain untuk Pro Vercelli dan Napoli medio 1920 hingga 1930-an.

Meski termasuk kiper pendek, Cavanna merupakan pemain dengan rataan kebobolan terendah yakni hanya 0,722 persen, rekor yang bertahan sampai munculnya Dino Zoff.

2. Edward Burgin

Kiper asal Inggris dengan tinggi badan 1,70 m dan hal itu membuatnya menjadi salah satu kiper terbaik Negeri Britania Raya pada masa jayanya.

Pernah bermain untuk Rochdale, Doncaster Rovers, Sheffield United hingga Leeds United, Edward Burgin adalah kiper yang mencolok dengan kelincahannya dan lihai dalam menghalau.

2. John Edward Davison

Sosok yang akrab disapa Teddy Davison ini memang memiliki tinggi yang kurang sempurna bagi posisi kiper, namun ia memiliki refleksi kilat dan antisipasi kelas dewa.

Sepanjang karier profesionalnya dengan 618 pertandingan, Davison hanya kebobolan sebanyak 810 gol meski hanya sekali bermain untuk timnas Inggris.

3. Stephen Victor Death

Lahir di Inggris, Stephen memiliki tinggi sekitar 1,70 m dan mampu mengamankan tempat utama sebagai penjaga gawang di Reading.

Ia menjadi kiper terkecil di Football League pada saat itu dan sukses mempertahankan tempatnya selama 10 tahun dengan torehan 537 laga dan pemegang rekor 1.074 menit tanpa kebobolan.

4. Juan Botasso

Kiper asal Argentina ini punya tinggi 1,69 m atau sekitar 5 kaki 7 inci, hanya bermain untuk klub lokal hingga 1938.

Namun kemampuan Botasso membuatnya dipanggil memperkuat timnas Argentina, ia bahkan tampil di final Piala Dunia 1930 sebagai andalan.

5. Jorge Campos Navarrete

Kiper asal Meksiko ini punya tinggi sekitar 1,68 m, pernah bermain untuk Chicagi Fire dan terkenal sebagai sosok nyentrik dan gaya akrobatiknya.

Meski tak memiliki tinggi yang sempurna, Campos menutupi kekurangannya dengan kemampuan lain seperti atletis dan memiliki kecepatan di atas rata-rata.

6. Angelo Martino Colombo

Menjadi kiper selanjutnya asal Italia dengan tinggi badan cenderung pendek, hanya sekitar 1,68 meter, pernah merasakan bermain untuk Juventus musim 1966-1967.

Meski begitu tak pernah mendapat kesempatan bermain untuk timnas Italia, sampai memutuskan pensiun sebagai pesepak bola profesional.

7. Francesco Quintini

Sama seperti Colombo, Quintini juga memili tinggi sekitar 1,68 meter dan merupakan sosok penting AS Roma pada masanya.

Di Serie A musim 1971-1972, Quintini dinobatkan sebagai pemain terpendek ajang tersebut dan dikenang sampai saat ini.

8. Pedro Manuel Benitez

Hanya dengan tinggi badan sekitar 1,66 meter atau sekitar 5 kaki 5 inci, Pedro Benitez sukses membuat negaranya percaya padanya.

Kiper asal Paraguay ini jadi andalan negaranya di Piala Dunia 1930, kariernya di level klub tak pernah sampai ke Eropa dan hanya di negara-negara Amerik Selatan.

Kontributor: Eko Isdiyanto

Berita Terkait

Berita Terkini