Boladunia

Profil Kalvin Phillips, Calon Rekrutan Kedua Manchester City, Seberapa Hebat?

Kalvin Phillips dilaporkan segera bergabung Manchester City

Irwan Febri Rialdi

Gelandang tengah Leeds United, Kalvin Phillips (Instagram/@kalvinphillips)
Gelandang tengah Leeds United, Kalvin Phillips (Instagram/@kalvinphillips)

Bolatimes.com - Manchester City dikabarkan telah mencapai kata sepakat dengan calon pemain barunya yang berasal dari Leeds United, Kalvin Phillips.

Saat ini, Kalvin Phillips memang menjadi salah satu komoditas terpanas karena statusnya sebagai gelandang bertahan terbaik yang dimiliki Inggris. Manchester City bakal mendapat keuntungan andai sukses merekrutnya.

Kabar soal bergabungnya Kalvin Phillips ke Manchester City juga sempat dilontarkan oleh Fabrizio Romano, jurnalis sekaligus pakar transfer pemain Eropa.

“Kalvin Phillips telah mencapai kesepakatan personal dengan Manchester City. Dia menolak tawaran sejumlah klub untuk bekerja bersama Pep Guardiola,” tulis Fabrizio Romano lewat akun Twitter-nya., Sabtu (25/6/2022).

“Manchester City akan membayar 42 juta poundsterling. Secara keseluruhan, kesepakatan ini akan mencapai nyaris 50 juta pounds. Leeds juga telah menerimanya, seperti yang dilaporkan oleh David Ornstein,” lanjutnya.

Sebetulnya, Kalvin Phillips sudah menjadi incaran sejumlah klub raksasa Liga Inggris, seperti Manchester United dan Liverpool. Namun, Man City tampaknya menjadi kubu yang berhasil mengamankan tanda tangannya.

Jika Kalvin Phillips resmi bergabung ke Man City, maka ia akan jadi rekrutan kedua. Sebelumnya, mereka sukses mengangkut Erling Haaland dari Borussia Dortmund.

Profil Kalvin Phillips

Pemain yang memiliki nama lengkap Kalvin Mark Phillips ini merupakan pemain kelahiran Leeds, Inggris, pada 2 Desember 1995. Karena itu, dia juga menimba ilmu bersama akademi Leeds United.

Setelah menimba ilmu bersama Wortley Juniors (2003-2010), Kalvin Phillips mulai berlatih bersama akademi Leeds United saat usianya menginjak 14 tahun pada 2010.

Debutnya bersama tim utama Leeds United pun tercipta pada 2015. Sebelumnya, dia sempat bermain di kelompok usia U-18 dan U-21.

Sejak mendapat kesempatan debut, sejauh ini pemain berusia 26 tahun itu telah menorehkan total 233 penampilan bersama Leeds United.

Dia menjadi salah satu kunci kesuksesan Leeds United menjuarai ajang Championship pada musim 2021/2020 di bawah asuhan Marcelo Bielsa, untuk promosi ke kasta tertinggi.

Di level internasional, sebetulnya Kalvin Phillips punya kans memperkuat tiga tim nasional. Selain Inggris, ia juga bisa membela Jamaika dan Irlandia karena garis keturunan leluhurnya.

Namun demikian, Kalvin Phillips sukses menembus skuad utama timnas Inggris di bawah asuhan Gareth Southgate sejak Agustus 2020. Namun, debut pertamanya bersama The Three Lions tercipta pada 8 September.

Ketika itu, timnas Inggris berjumpa Denmark pada laga UEFA Nations League. Philips juga jadi andalan Southgate di EURO 2020. Pada ajang itu, dia menerima banyak pujian karena penampilan impresifnya di lini tengah skuad The Three Lions.

Sayangnya, kiprah impresif Kalvin Phillips di ajang EURO 2022 gagal berakhir manis lantaran timnas Inggris hanya mampu meraih runner-up setelah tumbang dari Italia pada partai final via drama adu penalti.

Karena kiprah impresifnya itu pula, pemain yang telah mencatatkan 23 caps bersama timnas Inggris ini sukses meraih gelar England Men’s Player of the Year 2020/2021.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini