Boladunia

3 Pelatih Keturunan Indonesia yang Sukses Meraih Kejayaan di Eropa

Tak cuma pemain, banyak pelatih keturunan Indonesia yang sukses di Eropa

Irwan Febri Rialdi

Giovanni van Bronckhorst saat mendampingi Rangers tampil di final Liga Europa melawan Eintracht Frankfurt. (AFP)
Giovanni van Bronckhorst saat mendampingi Rangers tampil di final Liga Europa melawan Eintracht Frankfurt. (AFP)

Bolatimes.com - Darah keturunan Indonesia sebetulnya tak hanya mengalir di darah pesepak bola Eropa, tetapi juga beberapa nama yang kini sudah menjadi pelatih.

Apabila berbicara soal pelatih keturunan Indonesia, ada sejumlah juru taktik yang memiliki rekam jejak yang cukup memukau saat berkarier di Eropa.

Bahkan, hebatnya beberapa pelatih keturunan Indonesia ini juga berhasil memberikan gelar juara untuk tim-tim yang diarsitekinya.

Salah satu pelatih keturunan Indonesia yang berjaya di Eropa juga kini berstatus sebagai legenda timnas Belanda. Namanya pun juga dikenal hingga penjuru dunia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat pelatih yang memiliki darah keturunan Indonesia yang sukses meraih kejayaan di Eropa.

1. Ricardo Moniz

Pelatih keturunan Indonesia yang memiliki rekam jejak memukau selama berkarier di Eropa ialah Ricardo Moniz. Dia tercatat lahir di Rotterdam, Belanda, pada 17 Juni 1964.

Ternyata, Ricardo Moniz punya darah kelahiran Indonesia dari ibunya yang juga keturunan China. Ayahnya berasal dari Suriname yang pindah ke Belanda.

Kariernya sebagai pelatih memang cukup panjang. Dia pernah menjadi asisten pelatih di Feyenoord Rotterdam pada 1998-1999.

Selain itu, klub eropa lainnya yang pernah menggunakan jasanya ialah Jong PSV, Hamburger SV, Red Bull Salzburg, hingga Lechia Gdansk.

Tak hanya itu saja, Ricardo Moniz juga punya rekam jejak menjadi staf pelatih di Tottenham Hotspurs saat direkrut untuk menjadi pelatih skill.

2. Giovanni van Bronckhorst

Mantan pemain legendaris timnas Belanda, Giovanni van Bronckhorst, kini sudah mulai melanjutkan jenjang kariernya menjadi juru taktik.

Sebagai informasi, Van Bronckhorst yang lahir di Rotterdam Belanda, sebetulnya memiliki darah keturunan Indonesia dari kedua orang tuanya.

Ayahnya, Victor van Bronckhorst, merupakan keturunan Indonesia-Belanda, sedangkan ibunya, Fransien Sapulette, juga punya garis keturunan Maluku.

Saat ini, lelaki berusia 47 tahun itu tercatat sebagai pelatih klub Liga Skotlandia, Glasgow Rangers.

Selama menjabat sebagai pelatih, dia telah berhasil meraih gelar juara Liga Belanda 2016/2017 bersama Feyenoord. Selain itu, ia juga dia kali juara KNVB Cup pada 2015/2016 dan 2017/2018.

Ia juga sukses meraih gelar Piala Skotlandia 2021/2022 bersama Glasgow Rangers. Bersama klub itu pula, van Bronckhorst meraih runner-up UEFA Europa League 2021/2022.

3. Andre Wetzel 

Pelatih sepak bola keturunan Indonesia yang memiliki rekam jejak panjang menangani klub-klub Eropa selanjutnya ialah Andre Wetzel.

Juru taktik berusia 70 tahun ini tercatat lahir di Surabaya pada 3 November 1951. Sebelum terjun ke dunia kepelatihan, ia lebih banyak bermain bersama klub Belanda.

Karier kepelatihannya bermula pada 1997 saat ditunjuk menjadi asisten manajer di ADO Den Haag. Saat melatih pun, Andre Wetzel juga banyak memperkuat klub-klub di Negeri Kincir Angin.

Bahkan, Andre Wetzel pernah ditunjuk sebagai pelatih skuad junior timnas Belanda pada tahun 2000-2002

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini