Boladunia

5 Bintang Sepak Bola Dunia Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Ada Son Heung-min

Salah satunya bintang Timnas Korea Selatan, Son Heung-min.

Rauhanda Riyantama

Son Heung-min di Asian Games 2018 (@abscbnsports/Twitter)
Son Heung-min di Asian Games 2018 (@abscbnsports/Twitter)

Bolatimes.com - Berikut deretan bintang sepak bola papan atas dunia yang menjadi calon lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang.

Belum lama ini Timnas Indonesia berhasil meraih satu tiket ke putaran final usai menjadi Runner Up grup A pada babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kepastian lolosnya tim Merah Putih ke putaran final sendiri dipastikan setelah menang besar atas Nepal dengan skor 7-0 di laga terakhir grup A.

Berkat kemenangan tersebut, Timnas Indonesia finis sebagai Runner Up grup A dengan perolehan 6 poin dan catatan memasukkan 9 gol serta kebobolan 2 gol saja.

Di balik keberhasilan ini, ada sedikit rasa pesimis di kalangan pendukung Timnas Indonesia jelang skuat Garuda tampil di putaran final Piala Asia 2023.

Hal ini tak lepas dari catatan buruk Timnas Indonesia di Piala Asia yang tak pernah lolos ke babak gugur dalam empat penampilan terakhirnya.

Selain itu, rasa pesimis ini muncul dikarenakan status Timnas Indonesia sebagai pemilik ranking terendah dibandingkan kontestan Piala Asia 2023 lainnya, yakni berada peringkat ke-155.

Karena punya ranking terendah, Timnas Indonesia akan berada di Pot 4 pada babak Drawing Piala Asia 2023 nanti.

Dengan kata lain, Timnas Indonesia pun berpeluang bertemu tim-tim besar yang ada di Pot 1 yang dihuni oleh bintang-bintang papan atas dunia.

Siapa saja bintang papan atas dunia yang menjadi calon lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023?

1. Son Heung-min (Korea Selatan)

Nama Son Heung-min begitu akrab di telinga penikmat sepak bola, salah satunya Indonesia. Sebab, dirinya merupakan penyerang milik tim Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

Sebagai pemain Asia yang di tengah kepungan pemain dari Eropa dan Amerika Selatan, Son Heung-min mampu mencatatkan prestasi apik, yakni sebagai top skor Liga Inggris musim 2021/2022.

Karena Korea Selatan ada d Pot 1, maka Timnas Indonesia berpeluang bertemu Taeguk Warriors yang akan diperkuat Son Heung-min.

2.  Takumi Minamino (Jepang)

Tak hanya Korea Selatan, Jepang juga berada di Pot 1 yang otomatis memiliki peluang untuk bertemu Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti.

Seandainya bertemu Jepang di babak grup, maka Timnas Indonesia pun bisa bertemu Takumi Minamino yang tak lain pemain Liverpool yang kini santer diberitakan akan bergabung AS Monaco.

Minamino sendiri merupakan penggawa Timnas Jepang. Pamornya melejit saat membela RB Salzburg dan juga Liverpool, di mana ia membantu The Reds meraih tiga gelar bergengsi.

3. Eldor Shomurodov (Uzbekistan)

Berbeda dengan Korea Selatan dan Jepang, Uzbekistan berada di Pot 3. Tapi itu tak menjadi penghalang Uzbekistan bisa bertemu Timnas Indonesia.

Uzbekistan sendiri punya pemain-pemain top. Salah satunya adalah Eldor Shomurodov yang merupakan anak didik Jose Mourinho di AS Roma.

Mantan pemain Genoa ini merupakan salah satu Super Sub andalan Mourinho. Karena kiprahnya pula, AS Roma berhasil mengakhiri puasa gelar dengan menjuarai UEFA Conference League 2021/2022.

4. Alireza Jahanbakhsh (Iran)

Iran merupakan negara yang masuk Pot 1. Hal ini lantaran mereka merupakan negara dengan ranking FIFA tertinggi se Asia.

Karenanya, Iran bisa bertemu dengan Timnas Indonesia yang ada di Pot 4. Sehingga, skuat Garuda pun berpeluang bertemu salah satu bintang andalannya, Alireza Jahanbakhsh.

Alireza sendiri merupakan pemain berpengalaman. Ia tercatat pernah mentas di Liga Inggris bersama Brighton & Hove Albion dan kini membela Feyenoord Rotterdam.

5. Ajdin Hrustic (Australia)

Dari Pot 1 lainnya ada Australia yang juga punya peluang besar bertemu Timnas Indonesia di babak grup Piala Asia 2023 nanti.

Jika bertemu, maka skuat Garuda bisa berhadapan dengan Ajdin Hrustic yang merupakan penggawa andalan Australia dan juga klub Jerman, Eintracht Frankfurt.

Ajdin Hrustic sendiri belum lama ini menorehkan tinta emas, dengan meraih gelar Liga Europa 2021/2022 bersama klub berjuluk Die Adler itu.

Berita Terkait

Berita Terkini