Boladunia

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Dunia U-20 2023, Termasuk Indonesia

Total ada tiga tim yang sudah lolos ke Piala Dunia U-20 2023, termasuk Indonesia.

Rauhanda Riyantama

Potret pemain Timnas Indonesia U-19 yang diperkuat tiga pemain keturunan, Kai Boham, Jim Croque dan Max Christoffel. (Instagram/tim.nasional)
Potret pemain Timnas Indonesia U-19 yang diperkuat tiga pemain keturunan, Kai Boham, Jim Croque dan Max Christoffel. (Instagram/tim.nasional)

Bolatimes.com - Berikut deretan tim atau negara yang sudah memastikan tempat di Piala Dunia U-20 2023, salah satunya Indonesia selaku tuan rumah.

Pada 2023 mendatang, Indonesia akan menggelar hajat bertajuk Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan akan digelar Mei hingga Juni 2023.

Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah usai ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah pada 2019 lalu mengalahkan Brasil dan Peru yang mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Semula, ajang ini digelar pada 2021 lalu. Namun akibat pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh berbagai negara di dunia, ajang ini pun mengalami kemunduran.

FIFA pun akhirnya memutuskan Piala Dunia U-20 digelar pada 2023 mendatang, di mana Indonesia tetap menjadi tuan rumah penyelenggaraan.

Sebagai tuan rumah, Indonesia mendapat kehormatan mengisi satu dari 24 slot yang diberikan kepada enam konfederasi FIFA.

Sejauh ini, beberapa negara dari berbagai konfederasi telah melakoni babak Kualifikasi Piala Dunia U-20 2023, utamanya dari Eropa.

Untuk zona Eropa, akan ada lima slot yang dibagikan. Jumlah ini sama dengan jatah yang didapatkan zona Asia, di mana salah satunya sudah dipegang Indonesia selaku tuan rumah.

Lalu, untuk zona Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF), Amerika Selatan (CONMEBOL), dan Afrika akan mendapat masing-masing empat slot di putaran final.

Adapun dua slot tersisa nantinya akan diperebutkan oleh zona Oseania yang babak kualifikasinya baru akan digelar pada bulan Agustus 2022 nanti.

Sejauh ini, selain Indonesia baru ada dua negara yang baru memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia U-20 2023.

Siapa saja negara tersebut?

Direbut 2 Raksasa Eropa

Dilansir dari laman Sportingnews, baru ada dua negara yang telah memastikan tempat di putaran final Piala Dunia U-20 2023 selain Indonesia.

Kedua negara itu adalah dua negara yang punya tradisi sepak bola yang kuat di Eropa dan juga dunia, yakni Italia dan Prancis.

Italia dan Prancis telah dipastikan lolos usai meraih dua kemenangan di babak kualifikasi yang telah digelar pada 18 Juni hingga 1 Juli 2022 lewat ajang Euro U-19 2022.

Italia dan Prancis yang tergabung di grup A bersama Rumania dan Slovakia, berhasil merebut poin maksimal di dua laga.

Karena hanya juara dan runner up grup yang berhak lolos, Italia dan Prancis pun berhak lolos karena poinnya tak bisa dikejar oleh Rumania dan Slovakia yang belum mendapatkan satu poin pun dari dua pertandingan yang dilakoni.

Sementara wakil Eropa lainnya masih akan memperebutkan dua tiket lainnya lewat ajang ini, di mana ada empat negara yang masih bersaing di grup B, yakni Inggris, Israel, Serbia, dan Austria.

Hingga artikel ini dibuat, keempat tim yang ada di grup B itu baru memainkan satu laga, di mana Inggris menduduki peringkat pertama dengan tiga poin disusul Israel dan Serbia dengan satu poin.

Adapun satu tiket tersisa dari zona Eropa akan diperebutkan melalui babak Play Off lewat ajang Euro U-19 2022 ini.

Berita Terkait

Berita Terkini