Boladunia

Profil Omar Raiyan Kama Azlan, Pemain Red Star Belgrade yang Dipanggil Timnas Malaysia U-19

Malaysia panggil pemain Red Star Belgrade untuk Piala AFF U-19 2022

Irwan Febri Rialdi

Malaysia panggil Omar Azlan, pemain yang berkarier di Eropa untuk Piala AFF U-19 2022. (Instagram/omarazlan19)
Malaysia panggil Omar Azlan, pemain yang berkarier di Eropa untuk Piala AFF U-19 2022. (Instagram/omarazlan19)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia U-19 membuat satu kejutan tersendiri sebelum gelaran Piala AFF U-19 2022 dengan memanggil pemain yang berkarier bersama klub raksasa Liga Serbia, Red Star Belgrade, yakni Omar Raiyan bin Kama Azlan.

Omar Raiyan bin Kama Azlan yang menjadi salah satu nama di antara daftar 26 pemain yang dipanggil oleh pelatih timnas Malaysia U-19, Hassan Sazali Mohd Waris, untuk mengikuti TC jelang Piala AFF U-19 2022.

Menurut rencana, Omar Raiyan dan para pemain timnas Malaysia U-19 lainnya akan memulai pemusatan latihan pada 25-29 Juni 2022 untuk bersiap menghadapi Piala AFF U-19 2022.

Tentu saja, menarik untuk menunggu kiprah Omar Raiyan bersama skuad muda Harimau Malaya di ajang ini Sebab, ia punya rekam jejak yang apik karena berstatus sebagai pemain Red Star Belgrade.

Sebagai informasi, timnas Malaysia U-19 akan tergabung di Grup B Piala AFF U-19 2022 bersama Laos, Timor Leste, Kamboja, dan Singapura.

Profil Omar Raiyan bin Kama Azlan

Omar Raiyan bin Kama Azlan merupakan pesepak bola Malaysia yang tercatat lahir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Ia tercatat lahir pada tahun 2004.

Perjalanan sepak bola Omar Raiyan bermula ketika bergabung dengan akademi Manchester City di Abu Dhabi sejak usia sembilan tahun pada 2013. Di sana, ia berlatih selama kurang lebih tujuh tahun.

Momen pertama Omar Raiyan menjadi sorotan publik Neger Jiran terjadi pada medio Juni 2020. Saat itu, dia meneken kontrak bersama klub raksasa Liga Serbia, Red Star Belgrade.

Sayangnya, keluarganya harus melewati masa-masa sulit karena ayahnya, Kama Azlan, harus kembali ke Abu Dhabi karena bisnisnya di Belgrade gagal. 

Ibunya pun juga kehilangan pekerjaan akibat resesi ekonomi global yang muncul karena dampak pandemi Covid-19 saat itu. Selama tinggal di Serbia, dia dirawat oleh pengurus, klub, dan teman-teman keluarganya.

Sayangnya, Omar Raiyan tak memenuhi syarat untuk memainkan pertandingan resmi bersama klub muda Red Star Belgrade karena pasal 18 FIFA mengenai Perlindungan Anak di Bawah Umur.

Aturan ini mengatur bahwa transfer internasional hanya dapat dilakukan jika pemain tersebut berusia di atas 18 tahun.

Oleh karena itu, Red Star Belgrade memberikannya tenggat waktu sampai ia berusia 18 tahun sehingga Pasal 19 FIFA tidak lagi berlaku padanya.

Selama itu, dia berpindah dari skuad U-17 untuk berlatih dengan tim U-19. Dia juga pernah memainkan beberapa laga persahabatan dengan tim U-23 Red Star Belgrade.

Pelatih Red Star Belgrade U-17, Nikola Djurovic, saat itu juga mengakui bahwa Omar memiliki masa depan yang cerah.

“Kemajuannya terlihat ketika dia pindah dari skuad U-17 untuk berlatih bersama tim U-19. Dia juga memainkan laga persahabatan dengan tim U-23 dan meninggalkan kesan yang baik,” kata Djurovic.

Tentu saja, Omar Raiyan bakal menambah meriah gelaran Piala AFF U-19 2022. Apalagi, Malaysia jadi salah satu tim yang diperhitungkan di Grup B. 

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini