Boladunia

Profil Maciej Rybus, Bek Timnas Polandia yang Dicoret karena Main di Liga Rusia

Akibat tetap berkarier di Liga Rusia, Maciej Rybus didepak dari Timnas Polandia

Irwan Febri Rialdi

Pemain Polandia di Euro 2020, Maciej Rybus, terlibat skandal perselingkuhan yang bikin heboh. (Kirill KUDRYAVTSEV / POOL / AFP)
Pemain Polandia di Euro 2020, Maciej Rybus, terlibat skandal perselingkuhan yang bikin heboh. (Kirill KUDRYAVTSEV / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Bek kiri timnas Polandia, Maciej Rybus, mengalami nasib menyedihkan seusai dicoret oleh pihak federasi sepak bola di negaranya, PZPN, lantaran keputusannya berkarier di Liga Rusia.

Hal ini berawal ketika kontrak Maciej Rybus bersama Lokomotiv Moskow yang sudah bermula sejak pertengahan tahun 2017 telah berakhir pada akhir bulan lalu. 

Akan tetapi, saat pemain-pemain asing lainnya memilih hengkang dari Rusia, Maciej Rybus justru meneken kontrak dengan klub Liga Rusia lainnya, Spartak Moskow.

Keputusan federasi sepak bola Polandia untuk mencoret Maciej memang sarat kepentingan politik. Sebab, Polandia berstatus sebagai sekutu Ukraina yang saat ini menghadapi serangan invasi militer oleh Rusia.

“Pelatih timnas Polandia Czeslaw Michniewicz sudah berbicara dengan Maciej Rybus yang saat ini berdiam di Polandia setelah pemusatan latihan timnas berakhir pekan lalu," demikian pernyataan PZPN dilansir oleh Reuters, Senin malam tadi.

"Pelatih telah memberi tahu pemain bersangkutan bahwa karena situasi klubnya saat ini, dia tidak akan dipanggil untuk pemusatan latihan timnas September nanti dan dia tidak akan dipertimbangkan untuk skuad Piala Dunia di Qatar," tulis pernyataan yang sama.

Profil Maciej Rybus

Maciej Rybus sebetulnya merupakan bek kiri yang memiliki kualitas mumpuni. Pemain kelahiran Lowicz, Polandia, ini sudah jadi andalan tim nasional sejak masih berusia muda.

Perjalanan karier sepak bola Maciej Rybus dimulai ketika bergabung dengan akademi milik Pelikan Lowicz. Pada tahun 2006, dia pindah ke MSP Szamotuly.

Semusim di sana, kiprahnya dipantau oleh salah satu klub besar di Polandia, yakni Legia Warsaw. Debutnya tercipta pada 15 November 2007 saat masih berusia 18 tahun.

Sementara itu, penampilan pertamanya di kasta tertinggi Liga Polandia, atau Ekstraklasa, tercipta pada 24 November 2007. 

Sepanjang musim, ia memang hanya berstatus sebagai pemain cadangan, tapi mulai masuk sebelas pemain pertama ketika masa-masa akhir musim.

Setelah lima tahun bermain untuk Legia Warsaw, dia kemudian memutuskan pindah ke Liga Rusia untuk bergabung ke Terek Grozny.

Kiprahnya di Rusia berlangsung selama kurang lebih empat tahu sebelum akhirnya digaet raksasa Liga Prancis, Lyon, pada 2016. Namun, dia hanya bermain semusim bersama Lyon.

Lalu, Maciej Rybus memilih untuk kembali ke Rusia dengan bergabung ke Spartak Moscow. Di sana, ia jadi pemain andalan dan mengabdi selama nyaris lima tahun.

Saat kontraknya bersama Lokomotiv Moskow berakhir pada 31 Mei 2022, Maciej Rybus mengambil keputusan yang besar dalam kariernya untuk menerima pinangan Spartak Moskow.

Hal ini membuat dirinya dicoret dari skuad timnas Polandia yang akan tampil di Piala Dunia 2022. Padahal, dia jadi salah satu pemain penting di skuad tim nasional.

Sebab, sejak mencatatkan debutnya bersama timnas Polandia pada November 2009, dia jadi salah satu bek kiri yang mencatatkan penampilan terbanyak.

Bahkan, Maciej Rybus sudah berhasil menembus skuad Polandia untuk Euro 2012 dan juga Piala Dunia 2018 di Rusia.  Sejauh ini, Maciej Rybus sudah mencatatkan total 66 penampilan bersama timnas Polandia dan menyumbang dua gol serta 14 assist.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini