Boladunia

Kisah Timnas Hong Kong, Sempat Dibantai India sebelum Lolos ke Piala Asia 2023

Hong Kong menjadi salah satu negara yang juga berhasil lolos ke Piala Asia 2023

Irwan Febri Rialdi

Timnas Hong Kong. (Instagram/hkfa_official)
Timnas Hong Kong. (Instagram/hkfa_official)

Bolatimes.com - Kesuksesan dituai timnas Hong Kong melaju ke putaran final Piala Asia 2023, meski sempat menelan kekalahan dari India dengan skor 0-4 di fase grup kualifikasi pada Selasa (14/6/2023).

Hong Kong sebenarnya bukan negara yang asing dengan ajang Piala Asia, tercatat sudah berlaga di pentas elit Asia ini sebanyak tiga kali.

Tempat ketiga menjadi raihan terbaik Hong Kong pada edisi pertama Piala Asia tahun 1956, setelah itu menempati urutan keempat dan kelima di 1964 serta 1968.

Setelahnya Hong Kong tak lagi menjadi pemeriah kompetisi sepak bola akbar negara-negara Asia ini, sampai 54 tahun berlalu.

Hong Kong kembali meramaikan gelaran ini, tim asuhan Jorn Andersen memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia 2023.

Hong Kong tampil trengginas di babak kualifikasi, hingga keluar sebagai juara Grup D menyusul kemenangan dua kali beruntun.

Atas Afghanistan, Kamboja bersama India yang juga menorehkan dua kemenangan di fase grup Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kedua tim bermain tanpa beban, selain itu keuntungan yang didapat setelah Filipina hanya meraih empat poin di fase grup kualifikasi Piala Asia.

Andai Hong Kong kalah dari India, tiket ke puitaran final Piala Asia masih dalam genggaman karena perolehan poin sudah tak lagi keluar dari posisi lima besar.

Kepastian Hong Kong melaju ke putaran final Piala Asia 2023 juga sekaligus sebagai kado indah pemerintahan baru negara tersebut di bawah pimpinan John Lee Kachiu.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini