Boladunia

Tingkah Kocak Kiper Pengganti Australia saat Gagalkan Penalti, Bikin Pemain Peru Kena Mental

Kiper Australia, Andrew Redmayne sukses gagalkan penalti pemain Peru dan lolos ke Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Aksi Andrew Redmayne saat Timnas Australia kalahkan Peru di playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP)
Aksi Andrew Redmayne saat Timnas Australia kalahkan Peru di playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Australia memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar usai menang atas Peru di Play Off antar konfederasi. Tak disangka, kelolosan ini tercipta berkat aksi kocak kiper penggantinya, Andrew Redmayne.

Australia memastikan satu tempat di Piala Dunia 2022 Qatar pada November mendatang usai menang atas Peru lewat drama adu penalti, Selasa (14/6) dini hari WIB.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Qatar, Australia dan Peru berhadapan satu sama lain sebagai wakil dari konfederas masing-masing, yakni Asia dan Amerika Selatan.

Australia yang finis pada tempat ketiga di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, lolos ke Play Off antar konfederasi usai menang atas Uni Emirat Arab di Play Off babak ketiga.

Sedangkan Peru berhak melangkah ke Play Off antar konfederasi usai finis di peringkat kelima klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL.

Alhasil, kedua negara pun bertemu di Play Off antar konfederasi dan harus saling tikam untuk memperebutkan satu tempat di putara final Piala Dunia 2022.

Dalam laga wajib menang itu, baik Australia dan Peru malah bermain aman. Sehingga kedua tim harus bermain imbang tanpa gol selama waktu normal dan babak Extra Time.

Karenanya, kedua negara pun harus menentukan pemenang lewat drama adu penalti. Dalam adu tos-tosan ini, Australia keluar sebagai pemenang usai menang 5-4 atas Peru.

Kepastian Australia menang adu penalti dan lolos Piala Dunia 2022 ini sendiri terbilang unik, di mana Socceroos menggunakan kiper pengganti untuk adu penalti.

Uniknya, kiper pengganti ini melakukan hal kocak di momen-momen penentuan, yang justru membuat Australia lolos. Hal kocak apa yang dilakukannya?

Menari di Bawah Mistar Gawang

Australia menahbiskan sang kiper pengganti, Andrew Redmayne sebagai pahlawan dalam keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2022.

Andrew Redmayne sendiri bukanlah starter. Kiper milik Sydney FC ini masuk di menit ke-120, atau tepat saat laga hendak usai.

Ia dimasukkan oleh Graham Arnold selaku pelatih Australia, untuk menjadi penentu di babak adu penalti menggantikan Matthew Ryan.

Saat adu penalti berlangsung, Andrew Redmayne memang beberapa kali kecolongan dan gagal mengantisipasi eksekusi pemain Peru.

Namun, Andrew Redmayne membuktikan dirinya pantas menjadi pahlawan di tendangan penentu, saat dirinya berhasil mementahkan eksekusi penendang terakhir Peru, Alex Valera.

Sebelum mementahkan eksekusi Alex Valera ini, Andrew Redmayne melakukan hal unik, yakni menari-nari di depan gawang sembari bergerak ke kanan ke kiri.

Gerakan seperti berdansa ini ternyata memberi efek ke Alex Valera selaku penendang Peru, yang kemudian bola hasil sepakannya terbaca baik oleh Andrew Redmayne.

Karena ‘tarian’ dan keberhasilannya menepis sepakan Alex Valera itu, Andrew Redmayne pun menjadi pahlawan dan mengirim Australia lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini