Boladunia

Kisah Rio Mavuba, Satu-satunya Pemain yang Berani Tampar Zlatan Ibrahimovic

Rio Mavuba pernah terlibat cekcok hingga menampak wajah Ibrahimovic.

Rauhanda Riyantama

Momen pemain Lille, Rio Mavuba tampar wajah Zlatan Ibrahimovic. (Twitter/@canal+)
Momen pemain Lille, Rio Mavuba tampar wajah Zlatan Ibrahimovic. (Twitter/@canal+)

Bolatimes.com - Pesepak bola asal Prancis, Rio Mavuba, menjadi salah satu sosok pemain yang punya rekam jejak hebat karena berani menampar Zlatan Ibrahimovic.

Momen yang menggemparkan publik itu terjadi ketika Rio Mavuba yang saat itu memperkuat Lille berduel melawan Ibrahimovic yang masih berseragam Paris Saint-Germain (PSG) pada musim 2012/2013.

Dalam laga lanjutan kasta tertinggi Liga Prancis itu, duel antara Rio Mavuba vs Zlatan Ibrahimovic itu berlangsung panas mengingat persaingan ketat Lille dan PSG di klasemen.

Ketika itu, PSG masih berada di urutan pertama klasemen sementara, sedangkan Lille menempel ketat karena berada satu strip di bawahnya.

Pada menit ke-18, Ibrahimovic sempat membawa PSG unggul 1-0. Beberapa waktu sebelum turun minum, Rio Mavuba sukses menyamakan skor lewat umpan yang dikirimkan oleh Salomon Kalou.

Gol yang dicetak Rio Mavuba itu tercipta beberapa menit setelah insiden gesekannya melawan Zlatan Ibrahimovic.

Ketika itu, Rio dan Ibrahimovic terlibat perselisihan. Meskipun keduanya sempat ditengahi oleh wasit, tetapi tangan Rio Mavuba yang dilayangkan ke wajah Ibrahimovic membuat sang lawan terjatuh.

Meskipun Rio Mavuba hanya memiliki postur setinggi 172 cm, tetapi eks-pemain timnas Prancis U-21 ini tetap tak sedikit pun gentar menghadapi Ibrahimovic.

Padahal, Zlatan Ibrahimovic adalah sosok pemain yang cukup ditakuti oleh para pesepak bola karena posturnya yang tinggi dan sosoknya yang menakutkan.

Namun demikian, Rio Mavuba tak memperlihatkan rasa takutnya. Dia justru dengan gagah berani menghadapi Ibrahimovic yang secara postur jauh lebih tinggi.

Saat itu, perselisihan di antara keduanya membuat Ibrahimovic memegang leher di belakang kepala Rio Mavuba.

Tak terima dengan perlakuan itu, Mavuba justru melayangkan tamparan ke arah wajah Ibrahimovic sehingga membuat mantan kapten timnas Swedia itu terjatuh.

Wasit yang mencoba melerai keduanya pun tak bisa berbuat banyak. Akibat perselisihan itu, Rio Mavuba dan Zlatan Ibrahimovic sama-sama diganjar kartu kuning oleh pengadil.

Akibat aksinya tersebut, Rio Mavuba yang sebelumnya sama sekali tak banyak dikenal oleh publik justru menjadi sorotan dunia.

Pasalnya, dengan postur yang tak terlalu tinggi, eks-pemain Villarreal ini berani menghadapi sosok Zlatan Ibrahimovic yang kerap kali membuat lawan-lawannya ketar-ketir.

Selama memperkuat Lille, Rio Mavuba memang menjadi salah satu pemain yang cukup memberikan kontribusi. Setidaknya ada beberapa gelar juara yang sukses dipersembahkan untuk klubnya.

Pertama, ada gelar juara Ligue 1 2010/2011. Selain itu, ada pula gelar Coupe de France yang sukses diraih Rio Mavuba dan kawan-kawan di musim yang sama.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Berita Terkait

Berita Terkini