5 Kapten Liverpool Terhebat Sepanjang Sejarah, Siapa Jagoanmu?

Berikut 5 kapten Liverpool yang diklaim paling hebat.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 07 Juni 2022 | 16:15 WIB
Steven Gerrard dan Rafael Benitez/Twitter

Steven Gerrard dan Rafael Benitez/Twitter

Bolatimes.com - Liverpool sukses mengakhiri puasa gelar Liga Inggris selama 30 tahun di era kapten Jordan Henderson. Lantas siapa saja kapten The Reds yang paling hebat lainnya?

Kapten dalam sebuah tim merupakan jabatan sakral yang disegani para pemain lain dan wasit, Liverpool memiliki beberapa kapten yang penuh kharismatik.

Sayangnya dalam 30 tahun terakhir, Liverpool baru memiliki satu kapten yang mampu membawa tim merengkuh gelar Liga Inggris era Premier League.

Baca Juga: Indonesia Masters 2022: Putri KW Menang Mudah Lawan Wakil Mesir

Untuk pertama kalinya dan menjadi gelar ke-19 Liga Inggris bagi The Reds, lantas siapa saja kapten terhebat Liverpool sepanjang sejarah?

Berikut lima kapten Liverpool yang mampu membawa klub melewati sejarah bergengsi dan membuat mereka disegani banyak klub-klub top Eropa.

1. Sami Hyypia (2001 - 2003)

Baca Juga: Sekali dalam Sejarah, Inilah Momen Timnas Indonesia saat Kalahkah Kuwait pada 1980 Silam

Berposisi sebagai pemain bertahan, Sami Hyypia sejatinya merupakan salah satu bek terbaik Liga Inggris dan masuk 10 besar top Eropa.

Hyypia menjabat sebagai kapten kedua Liverpool setelah jamie Redknapp dan sayangnya saat itu Robbie Fowler yang menjadi wakil kapten banyak melewatkan laga di musim 2001.

Sang pemain merupakan andalan The Reds di era Gerard Houllier dan Rafael Benitez dengan sederet trofi juara bergengsi, termasuk Piala UEFA, Piala FA dan Piala Liga Inggris 2001.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Kuwait saat Hadapi Timnas Indonesia

Kemudian Piala Super Eropa 2001 dan Piala Liga 2003 dengan mencatatkan 464 penampilan dan 35 gol.

2. Jordan Henderson (2015 - sekarang)

Selebrasi Jordan Henderson setelah tendangannya dibelokkan Pervis Estupinan untuk menjadi gol dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions antara Liverpool kontra Villarreal pada 28 April 2022. ANTARA/Reuters/CARL RECINE
Selebrasi Jordan Henderson setelah tendangannya dibelokkan Pervis Estupinan untuk menjadi gol dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions antara Liverpool kontra Villarreal pada 28 April 2022. ANTARA/Reuters/CARL RECINE

Inilah sosok yang membawa Liverpool merengkuh trofi Premier League pertama setelah berpuasa 30 tahun lamanya gelar Liga Inggris.

Baca Juga: Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Kuwait, Catatan Sejarah Tak Berpihak pada Garuda

Bergabung dengan Liverpool saat usianya masih 21 tahun, Henderson memiliki keberanian dan jiwa pemimpin berbeda ketimbang lainnya.

Sempat kesulitan karena cedera, Henderson kembali menunjukkan tajinya sebagai kapten yang disegani para pemain The Reds di eranya.

Sederet gelar prestisius ia berikan untuk The Reds selain Liga Inggris, termasuk Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

3. Ron Yeats (1961 - 1970)

Bakat luar biasanya tercium Boll Shankly, berawal dari seroang karyawan di rumah jagal namun sukses membawa Liverpool ke kasta tertinggi Liga Inggris.

Yeats membawa The Reds merebut gelar Liga Divisi Kedua pada 1962, di tahun 1964 memberi Liverpool gelar pertama Liga Premier dalam 17 tahun.

Termasuk di tahun 1966 dan 1965, sekaligus gelar pertama Piala FA yang mampu diberikan Yeats untuk The Reds saat itu dengan 464 penampilan.

4. Alan Hansen (1985 - 1990)

Di tahun 1977, Alan Hansen menjadi pilar kekuatan The Reds di bawah komando Kenny Daglish, pemain yang juga menjabat manajer Liverpool.

Memulai menjabat kapten tim di tahun 1985, setelahnya sederet gelar sukses diberikan Hansen untuk klub kebanggaan para Kopites ini.

Mulai dari Piala FA, Liga Premier pada 1986 dan gelar Liga Divisi Pertama di tahun 1988 dan 1990 serta Piala FA di tahun 1989.

5. Steven Gerrard (2003 - 2015)

Legenda Liverpool, Steven Gerrard, [PETER PARKS / AFP]
Legenda Liverpool, Steven Gerrard, [PETER PARKS / AFP]

Siapa yang tak setuju Steven Gerrard menjadi kapten terbaik Liverpool sepanjang sejarah, para penggemar tentu menyetujuinya.

Gerrard menjadi pemain Liverpool pertama yang mengemban kapten tim selama 12 musim penuh, setelah memulai debut pada 1988 di usianya yang masih 18 tahun.

Meski tak terlalu banyak memberi trofi bagi The Reds, namun Gerrard merupakan pemain pemberi trofi kelima Liga Champions dan setahun setelahnya merengkuh gelar Piala FA.

Gerrard bukanlah sosok yang berada di puncak tertinggi pemain dan kapten terhebat, namun sejarah yang dicatat membuat namanya selalu dikenang sebagai kapten terhebat Liverpool.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak