Boladunia

Jadwal Skotlandia vs Ukraina di Play-off Piala Dunia 2022, Laga Penting Buat Zinchenko cs

Pemenang dalam laga ini akan menghadapi Wales di final play-off Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Timnas Ukraina berhasil lolos ke perempatfinal Euro 2020 usai mengalahkan Swedia. (LEE SMITH / POOL / AFP)
Timnas Ukraina berhasil lolos ke perempatfinal Euro 2020 usai mengalahkan Swedia. (LEE SMITH / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Skotlandia akan menghadapi Timnas Ukraina dalam laga semifinal play-off Piala Dunia 2022 zona Eropa. Laga ini jadi hidup mati kedua tim untuk menjaga asa lolos ke putaran final di Qatar.

Pertandingan Skotlandia vs Ukraina ini seharusnya digelar pada Maret lalu bersama laga-laga semifinal play-off zona Eropa lainnya.

Akan tetapi, laga harus tertunda cukup lama lantaran Ukraina diinvasi militer oleh Rusia, yang sejatinya masih berlangsung sampai saat ini.

Jadilah Skotlandia akan mengahadapi Ukraina pada Kamis (2/6/2022) dini hari nanti pukul 01.45 WIB. Berdasarkan undian UEFA, Skotlandia sendiri mendapat keuntungan karena akan bermain di hadapan publiknya sendiri di Hampden Park, stadion nasional mereka di Glasgow. 

Skotlandia dan Ukraina akan memperebutkan satu hak untuk lolos ke final Jalur A play-off Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Lawan mereka di final nanti adalah Timnas Wales, yang memang harus menunggu lawan cukup lama setelah mengalahkan Austria 2-1 di semifinal pada 24 Maret lalu.

Wales akan jadi tuan rumah di Cardiff saat menantang pemenang Skotlandia vs Ukraina nanti, dengan pemenangnya akan mendapatkan satu tiket langsung ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022.

Bicara road to play-off ini, Skotlandia sebelumnya  menempati posisi runner up Grup F di kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, kalah bersaing dengan Denmark yang jadi juara grup dan lolos langsung ke Qatar.

Scott McTominay dan kawan-kawan mengumpulkan tujuh kemenangan, dua kali imbang dan sekali kalah.

Di lain sisi, Ukraina juga cuma menduduki peringkat kedua Grup D, kalah bersaing dengan Prancis. Meski tanpa kekalahan di grup kualifikasi, Oleksandr Zinchenko dan kolega cuma membukukan dua kemenangan plus enam hasil imbang.

Well, di tengah situasi memprihatinkan Ukraina saat ini, pasukan The Blue and Yellow tentu akan mengincar kemenangan lawan Skotlandia, demi bisa memberi sedikit kebahagiaan bagi rakyat.

Di tengah persiapan yang tidak optimal, dengan mayoritas pemainnya tak bertanding berbulan-bulan di liga domestik akibat perang, Ukraina akan tetap coba membawa pulang hasil positif dari Skotlandia.

Di sisi lain, Skotlandia sendiri juga tentunya akan tetap tampil ngotot dan profesional. Tak ada kata mengalah bagi Tartan Army --julukan Timnas Skotlandia, terutama dalam perjuangan untuk lolos ke putaran final Piala Dunia, pesta sepakbola terakbar di jagat raya yang terakhir mereka ikuti pada 1998 silam.

Bicara rekor pertemua kedua tim, Skotlandia dan Ukraina terakhir bertemu pada tahun 2007 lalu. Skotlandia menang 3-1 pada laga kualifikasi Euro alias Piala Eropa di Glasgow. 

Prakiraan Susunan Pemain:

Skotlandia XI: Gordon; Hendry, Hanley, Cooper; O'Donnell, McTominay, McGregor, Robertson; McGinn, Dykes, Christie.

Pelatih: Steve Clarke (Skotlandia)

Ukraina XI: Pyatov; Karavaev, Zabarnyi, Matvienko, Mykolenko; Malinovskyi, Stepanenko, Zinchenko; Yarmolenko, Yaremchuk, Tsygankov.

Pelatih: Oleksandr Petrakov (Ukraina)

Berita Terkait

Berita Terkini