Boladunia

Profil Muhammad Taqi, Wasit Asal Singapura yang Ditunjuk Pimpin Laga di Piala Dunia 2022

Muhammad Taqi jadi satu-satunya wasit asal Asia Tenggara yang tampil di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Wasit asal Singapura, Muhammad Taqi. (AFP)
Wasit asal Singapura, Muhammad Taqi. (AFP)

Bolatimes.com - Asia Tenggara memang tak mengirim wakil di Piala Dunia 2022 Qatar, namun sosok penting perangkat pertandingan didatangkan dari salah satu negara ASEAN, dialah Muhammad Taqi Aljaafari Bin Jahari.

Setidaknya Muhammad Taqi Aljaafari Jahari menjadi wakil ASEAN di gelaran Piala Dunia 2022 Qatar meski statusnya sebagai seorang wasit.

Muhammad Taqi Aljaafari Bin Jahari merupakan wasi asal Singapura, The Straits Times menyebut FIFA memilihnya sebagai salah satu dari 129 wasit yang bertugas.

Nantinya Muhammad Taqi dan 128 wasit lainnya akan bertugas di Piala Dunia 2022 Qatar, turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia.

Namun Taqi tidak bertugas di lapangan, pria berusia 35 tahun itu akan bertugas sebagai asisten wasit video (VAR) dan hal ini bukanlah sebuah kebetulan.

Perjuangan Taqi menjadi wasit VAR dilalui lewat seleksi ketat yang sebelumnya diselenggarakan oleh FIFA, meskipin statusnya sebagai salah satu wasit terbaik di Singapura.

Sebelum itu tugas yang sama pernah diemban Taqi pada final sepak bola putra Olimpiade 2020, tepatnya duel Brasil melawan Spanyol.

"Saya senang dan bangga mewakili Singapura. Meskipun VAR belum diterapkan di Singapura," ucap Taqi dikutip dari The Straits Times.

"Kami telah menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) membuahkan hasil.

"Kami dapat bersaing dengan kekuatan Asia seperti Jepang dan Korea Selatan yang mengembangkan wasit lokalnya untuk memimpin pertandingan internasional." imbuhnya.

Taqi mengawali karier dengan mengambil kursus wasit saat usianya masih 15 tahun, di usianya yang ke-20 ia sudah menjadi pimpinan di Liga Utama Singapura (S-League).

Pada 2012 ia mendaftar sebagai wasit FIFA dan meraih anugerah wasit terbaik pada Piala AFF 2017, dan pada 2021 ia menjadi orang Singapura pertama terakreditasi FIFA Video Match Official (VMO).

Selainitu Taqi juga pernah memimpin laga kualifikasi dan persahabatan FIFA dan pertandingan regional, seperti Piala Dunia U-17 di India, Piala Dunia U-20 2019 Polandia dan Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab.

Profil Muhammad Taqi

Nama Lengkap : Muhammad Taqi Aljaafari Bin Jahari

Lahir : 25 Oktober 1986, Usia saat ini 36 tahun

Wasit Domestik : Liga Super Singapura (S. League)

Lisensi FIFA : 2012

Karier Mencolok:

Final Piala Singapura 2017 - Albirex Nigata Vs Global Cebu FC

Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab

Piala Dunia U-20 FIFA 2019

Prestasi :

S. Leage Referee of The Year 2014

AFF Referee of The The Year 2017

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini