Boladunia

Punya Pelatih Baru, Timnas Vietnam U-23 Disindir Bakal Tiru Taktik Shin Tae-yong

Timnas Vietnam U-23 bakal dilatih mantan asisten pelatih Skuad Garuda.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Timnas Vietnam U-23. (dok.VFF)
Timnas Vietnam U-23. (dok.VFF)

Bolatimes.com - Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia Gong Oh-kyun didapuk menjadi juru taktik baru Timnas Vietnam U-23 untuk menggantikan Park Hang-seo. Nama Shin Tae-yong pun terseret.

Masuknnya Gong Oh-kyun di skuad Vietnam U-23 dipercaya bakal mengubah cara bermain tim. Media Malaysia semuanyabola.com menuding Timnas Vietnam U-23 nantinya bakal meniru pola permainan Shin Tae-yong. Terlebih, Gong Oh-kyun pernah bekerja sama dengan pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Dikutip dari semuanyabola.com pada Selasa (31/5/2022), Park Hang-seo biasanya menggunakan formasi 5-3-2 atau 5-4-1 bagi timnya.

Diyakini cara bermain pelatih berusia 64 tahun ini tidak akan dipakai lagi di Vietnam. Sebab, Gong Oh-kyun menegaskan dirinya punya pendekatan berbeda dari seniornya.

Alih-alih mirip Park Hang-seo, cara bermain pelatih baru Vietnam ini bakal mirip diengan Shin Tae-yong. Apalagi itu disebutkan salah satu pemainnya.

Shin Tae-yong bersama Gong Oh-kyun. (Dok. PSSI)
Shin Tae-yong bersama Gong Oh-kyun. (Dok. PSSI)

"Gong akan mempreaktikan 4-3-3. Formasi ini fokus kepada menyerang, menggunaka umpan pendek. Coach Park lebih fokus kepada bertahan dan menggemari counter attack," ucap Tran Van Cong dikutip dari VN Express.

Gong Oh-kyun yang punya pengalaman di kelompok umur Korea Selatan juga akan lebih banyak menggunakan pressing dan meminta pemain bergerak aktif dalam satu kesatuan. Hal itu yang akan sama dengan cara bermain Shin Tae-yong.

"Pada tahun 2020, ia bekerja sebagai asisten skuad Indonesia, bersama Shn Tae-yong. Karena hal itu, ia dilihat cenderung menggunakan formasi yang sama dengan Shin," tulis laporan tersebut.

Nah, ujian pertama bagi Gong Oh-kyun ini bakal segera dilalui pada Piala Asia U-23. Di ajang tersebut, Vietnam akan segrup dengan Korea Selatan, Thailand, dan Malaysia.

Berita Terkait

Berita Terkini