Boladunia

Menang Dramatis, Klub Milik Silvio Berlusconi AC Monza Promosi ke Serie A Italia untuk Pertama Kalinya

AC Monza berhasil promosi ke Serie A Italia untuk pertama kalinya

Irwan Febri Rialdi

AC Monza merayakan keberhasilan promosi ke Serie A Italia. (Instagram/@acmonza)
AC Monza merayakan keberhasilan promosi ke Serie A Italia. (Instagram/@acmonza)

Bolatimes.com - Sejarah tercipta bagi AC Monza, di mana tim yang dimiliki Silvio Berlusconi ini berhasil promosi ke pentas Serie A untuk pertama kalinya sejak klub berdiri.

AC Monza menuntaskan mimpinya untuk kembali mentas di Serie A atau kasta teratas Liga Italia, usai merebut tiket promosi dalam Play Off perebutan tiket promosi, Senin (30/5).

Kepastian promosinya AC Monza didapatkan usai mengandaskan perlawanan rivalnya di Serie B, AC Pisa dalam laga dua leg.

Dalam dua leg pertandingan tersebut, AC Monza mampu meraih kemenangan atas AC Pisa dengan agregat skor 6-4.

Di leg pertama yang berlangsung Jumat (27/5), AC Monza mampu meraih kemenangan 2-1 di kandang atas AC Pisa.

Di leg kedua (30/5), AC Monza mampu meraih kemenangan 4-3 atas AC Pisa lewat sebuah laga dramatis yang berlanjut hingga perpanjangan waktu.

Pada leg kedua tersebut, AC Monza yang hanya butuh hasil imbang, sempat tertinggal dua gol cepat terlebih dulu lewat Ernesto Torregrossa di menit ke-1 dan Hjortur Hermannsson di menit ke-9.

AC Monza pun berhasil membalas di menit ke-20 lewat gol Jose Machin dan Christian Gytkjaer di menit ke-79, sebelum akhirnya dibalas kembali oleh AC Pisa di menit ke-90 lewat Giuseppe Mastinu di menit ke-90.

Gol Mastinu itu memaksa AC Pisa dan AC Monza harus memperebutkan tiket promosi di babak tambahan waktu karena agregat saat itu menjadi 4-4.

Di babak Extra Time, AC Monza pun berhasil menentukan kemenangan lewat dua gol tambahan yang dicetak Luca Marrone di menit ke-96 dan Christian Gytkjaer di menit ke-101.

Dua gol tambahan itu cukup untuk membuat AC Monza menuntaskan mimpinya bermain di pentas Serie A untuk pertama kalinya sejak klub berdiri.

Sempat Gagal Promosi Musim Lalu

AC Monza sejatinya bisa saja menuntaskan mimpinya kembali ke Serie A pada musim lalu andai tak gagal babak semifinal Play Off Serie B 2020/2021 melawan Cittadella.

Pada musim lalu, AC Monza yang kala itu dibela Mario Balotelli, sempat hampir promosi usai menang 2-0 di leg pertama atas Cittadella.

Namun di leg kedua, AC Monza harus menelan kekalahan 0-3 dari Cittadella di markas lawan sehingga gagal ke final Play Off dan promosi ke Serie A lebih cepat.

Tak ayal kesuksesan ini membuat Silvio Berlusconi, selaku pemilik, berbahagia. Mantan pemilik AC Milan ini lantas mematok target tinggi bagi tim yang ia miliki sejak 2018 lalu itu.

“Kami berjuang selama satu tahun dan kami mencapai tonggak bersejarah. Monza sejak didirikan pada 1912 tidak pernah berada di Serie A. Kami tiba di sana hari ini. Ini adalah hal yang luar biasa bagi kami dan semua warga Brianza,” ungkap Berlusconi kepada Sky Sports Italia.

Berlusconi sendiri mengakuisisi AC Monza yang terdampar di Serie C dan mengalami kesulitan finansial dengan mahar 3 juta euro saja.

Di tangannya dan Adriano Galliani, AC Monza berbenah dan berhasil promosi dari Serie C ke Serie B pada 2020 silam.

Dalam kurun dua tahun saja, Berlusconi dan Galliani mampu membuat AC Monza menjadi salah satu kekuatan menakutkan di Serie B, sehingga kini berhasil masuk ke jajaran elite Serie A Italia.

Kontributo: Felix Indra Jaya

Berita Terkait

Berita Terkini