Boladunia

Profil US Lecce, Klub Promosi Serie A yang Kabarnya Mau Diakuisisi Raffi Ahmad

Nama US Lecce menjadi perbincangan usai dibagikan Raffi Ahmad.

Husna Rahmayunita

Klub promosi Serie A Italia, US Lecce. (dok. Uslecce.it/Anza e Marco Lezzi)
Klub promosi Serie A Italia, US Lecce. (dok. Uslecce.it/Anza e Marco Lezzi)

Bolatimes.com - Selebritas sekaligus pemilik klub Rans Cilegon FC, Raffi Ahmad, dikabarkan tengah menjajaki kemungkinan untuk mengakuisisi klub Serie A, US Lecce.

Kabar itu beredar melalui sebuah unggahan di akun media sosial Raffi Ahmad pada Rabu (25/5/2022). Ia bertolak ke Italia dan berencana ke US Lecce.

Meskipun demikian, Raffi Ahmad belum memberikan keterangan yang spesifik soal rencananya bertandang ke US Lecce tersebut.

“Mohon doakan, ya. Kami mau ke Italia menuju US Lecce. Ada yang tahu kita mau ngapain?” tulis Raffi Ahmad di unggahan instagramnya, Rabu (25/5/2022).

Sebetulnya, kabar soal rencana Raffi Ahmad mengakuisisi US Lecce juga terendus oleh media lokal di Italia, yakni Pianetalecce dan Calciolecce.

Dua media lokal yang kerap memberitakan Lecce itu menyebut kemungkinan Raffi Ahmad mengakuisisi US Lecce. Sebab, ada satu sosok di klub tersebut, yaitu Boris Francesco Jean Collardi.

Menurut Pianetalecce, salah satu anggota Direksi klub yang memiliki saham Lecce sebesar 10% itu adalah Raffi Ahmad. Kabarnya, Raffi akan mengambil alih saham milik Boris Francesco tersebut.

Klub promosi Serie A Italia, US Lecce. (dok. Uslecce.it/Amza e Marco Lezzi)
Klub promosi Serie A Italia, US Lecce. (dok. Uslecce.it/Amza e Marco Lezzi)

Profil US Lecce

Unione Sportiva Lecce alias US Lecce merupakan klub sepak bola profesional yang berbasis di Lecce, Apuila. Klub yang dibentuk pada 1927 ini merupakan salah satu kontestan Serie A musim depan.

Sebab, US Lecce sukses promosi ke kasta tertinggi dengan status sebagai juara Serie B 2021-2022. Mereka kokoh di puncak klasemen akhir dengan koleksi 71 poin dari 38 pertandingan.

Lecce awalnya didirikan sebagai Sporting Club Lecce pada 15 Maret 1908. Awalnya ini bukan hanya klub sepak bola, tetapi juga sepeda dan beberapa olahraga lainnya.

Selain itu, klub ini juga awalnya menggunakan warna hitam dan putih sebagai warna kebesarannya, yang dikenal di italia sebagai bianconeri.

Salah satu kiprah terbaik US Lecce di Liga Italia terjadi mulai 17 September 2017. Saat menunjuk Fabio Liverani, klub yang berbasis di Stadio Via del mare ini sukses promosi langsung selama dua musim.

Dari Serie C alias kasta ketiga, mereka sukses naik ke kasta tertinggi setelah tujuh musim absen di Serie A.

Sayangnya, Lecce harus kembali terdegradasi pada Serie A 2019/2020. Mereka juga gagal promosi ke kasta tertinggi pada 2020-2021 setelah kalah dari Venezia di semifinal.

Perjuangan Lecce untuk kembali mentas di Serie A akhirnya terwujud setelah mampu menjuarai Serie B 2021-2022.

Klub ini identik dengan kostum bergaris merah dan kuning. Pemain dan penggemar Lecce sering disebut sebagai salentiniatau gialloro ssi. Lagu resmi US Lecce ialah Giallorossi per sempreyang diciptakan oleh Gioy Rielli.

Lambang US Lecce adalah serigala betina di bawah pohon oak yang menjadi ciri khas Kota Apulia. Ini juga menjadi lambang Kota Lecce.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Berita Terkait

Berita Terkini