Boladunia

Profil Clement Turpin, Wasit di Final Liga Champions Musim Ini

Clement Turpin akan menjadi pengadil dlaga Real Madrid vs Liverpool.

Husna Rahmayunita

Clement Turpin, wasit yang akan pimpin final Liga Champions 2021/2022 antara Liverpool vs Real Madrid. (AFP)
Clement Turpin, wasit yang akan pimpin final Liga Champions 2021/2022 antara Liverpool vs Real Madrid. (AFP)

Bolatimes.com - Final Liga Champions 2021/22 yang mempertemukan Real Madrid dengan Liverpool pada Minggu (29/5/2022) dini hari WIB, bakal dipimpin oleh wasit Clement Turpin.

Clement Turpin akan menjadi pengadil di atas lapangan Stade de France, Paris, untuk duel yang memperebutkan status tim terbaik di Benua Biru.

Kepemimpinan wasit berusia 40 tahun ini jelas bakal menjadi sorotan dari awal laga hingga akhir. Keputusan-keputusan yang kontroversial berpotensi membuatnya jadi buah bibir usai laga.

UEFA jelas tidak sembarangan dalam memilih wasit yang akan memimpin pertandingan penting nanti. Clement Turpin terbilang punya kualitas dan pengalaman mumpuni untuk mengemban tugas tersebut.

Lantas, siapa sosok Clement Turpin ini dan bagaimana kiprahnya di dunia perwasitan?

Profil Clement Turpin

Clement Turpin lahir di Oullins, Prancis, pada 16 Mei 1982. Dia menjadi wasit FIFA dan memimpin laga internasional sejak 2010, namun kariernya dimulai sejak 2006.

Saat itu dia masih menjadi wasit di kompetisi divisi ketiga Liga Prancis. Selama dua musim dia menjabat wasit di sana, ia menjadi wasit Ligue 2 pada 2007 hingga 2009.

Pada perjalanannya itu, Clement Turpin juga beberapa kali sudah menjabat sebagai wasit di Ligue 1. Dia masih menjadi wasit kompetisi tertinggi Prancis itu hingga sekarang.

Di level internasional, Clement Turpin dipercaya menjadi wasit di Piala Dunia edisi 2014 dan 2018. Dia juga ditugaskan sebagai wasit di Euro 2016 dan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Di tahun yang sama, Clement Turpin terpilih sebagai wasit terbaik di Prancis versi majalah French Football. Musim lalu, Turpin dipercaya menjadi wasit di final Liga Europa antara Villarreal melawan Manchester United.

Rekam jejak yang mentereng ini akhirnya membuat Clement Turpin terpilih menjadi wasit di final Liga Champions musim ini. Ia pun sudah pernah memimpin pertandingan dua kontestan di final nanti.

Clement Turpin pernah memimpin 4 pertandingan Real Madrid di Liga Champions yang semuanya berakhir dengan kemenangan. Sedangkan Liverpool dipimpin tiga kali oleh Clement Turpin yang berakhir dengan dua kemenangan dan satu kali hasil imbang.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini