Boladunia

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Tampil di Premier League, Ada Tentangga Indonesia

Berikut negara Asia yang pemainnya pernah merasakan tampil di Liga Inggris.

Rauhanda Riyantama

Kiper Cardiff City dan Timnas Filipina, Neil Etheridge. [Oli SCARFF / AFP]
Kiper Cardiff City dan Timnas Filipina, Neil Etheridge. [Oli SCARFF / AFP]

Bolatimes.com - Liga Inggris memiliki daya tarik tersendiri, terlebih sejak memasuki era Premier League hingga dijadikan sebagai puncak tertinggi karier pesepak bola bahkan dari Asia.

Banyak pemain top Asia yang berkarier di Liga Inggris, selain kebanyakan memang disi para pemain dari Eropa dan Amerika Selatan.

Namun bukan dari Eropa dan Amerika Serikat saja yang menjadi lawan bagi para pemain asal Asia, ada pula deretan pemain Australia dan Afrika.

Lantas negara Asia mana saja yang pernah berkontribusi mengirim para pemain top mereka mentas di Premier League, kasta teratas kompetisi sepak bola tertinggi Inggris.

1. Korea Selatan

Sudah tak asing lagi bahwa banyak pemain asal Korea Selatan menjadi langganan Liga Inggris, nama-nama beken dunia sepak bola Negeri Ginting hiasi kompetisi ini.

Bahkan salah satunya menorehkan rekor pribadi, Son Heung-min sukses menjadi pencetak gol terbanyak Liga Inggris 2021-2022 dengan 23 gol.

Ada pula beberapa pemain lain yang sudah melegenda selain dirinya, Ji-Sung Park, Ki Sung Yeung hingga senior mereka Lee Young Pyo.

2. Jepang

Sebelum nama Takumi Minamino menghiasi deretan nama pemain skuat Liverpool, Liga Inggris memiliki beberapa pemain andalan asal Jepang.

Shinji Kagawa, Shinji Okazaki hingga Maya Yoshida menjadi beberapa pemain asal Jepang yang memeriahkan Liga Inggris.

3. China

Jauh sebelum populernya pemain Asia asal Jepang dan Korea Selatan, China pernah menempatkan beberapa pemain terbaiknya ke Liga Inggris.

Dan yang paling terkenal Sun Jihai, sosok pemain asal Negeri Panda yang pernah bermain untuk Manchester City selama enam musim sejak 2002 hingga 2008.

Selain itu ada juga Li Tie, pernah membela Everton sejak 2002 hingga 2004 dan yang paling sensasional, Dong Fangzhuo yang dikontrak Manchester United 2006-2007.

4. Iran

Alireza Jahanbakhsh menjadi pemain asal Iran yang pernah bermain untuk Brighton di Premier League dengan torehan 2 gol.

Selain itu di masa lalu ada Karim Bagheri, Ashkan Dejagah dan Andranik Teyrmourian meskipun namanya kini jarang terdengar.

Namun setidaknya para pemain ini berhasil menembus kompetisi terbaik sepak bola Eropa, Premier League.

5. Pakistan

Siapa sangka Pakistan pernah mengirim pemain terbaiknya berkarier di Premier League, dialah Zesh Rehman yang bermain untuk Fulham sebagi bek medio 2003-2006.

Meskipun lahir di Inggris, Rehman memiliki darah Pakistan dan juga memilih bermain untuk tim nasional nenek moyangnya.

6. Oman

Ali Al-Habsi pernah menjadi salah satu yang terbaik di jajaran kiper Premier League, kemampuannya bahkan memikat 5 klub.

Bolton Wanderers, Wigan Athletic dan Manchester City pernah mendapatkan jasa pemain dengan 111 penampilan di Premier League.

7. Filipina

Neil Etheridge, sosok kiper Filipina yang pernah dibobol Cristian Gonzales lewat gol spektakuler di semifinal Piala AFF 2010.

Sosoknya sukses menjadi kiper utama Cardiff City yang berlaga di Liga Inggris 2019-2020 dan merasakan 38 penampilan penuh.

Ia menjadi pemain asal Asia Tenggara pertama yang berlaga di Premier League dan bahkan sukses menorehkan 10 clean sheet.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini