Boladunia

Deretan Pemain Asia yang Hampir Jadi Top Skor Liga Inggris, Nomor 4 Legenda Man United

Terkini ada Son Heung-min yang berhasil menjadi pemain Asia pertama yang jadi top skor Liga Inggris.

Rauhanda Riyantama

Tugay Kerimoglu ketika berduel dengan Park Ji-sung. (Andrew Yates/AFP)
Tugay Kerimoglu ketika berduel dengan Park Ji-sung. (Andrew Yates/AFP)

Bolatimes.com - Son Heung-min berhasil menjadi pemain Asia pertama yang menyabet gelar pencetak gol terbanyak Liga Inggris, di musim 2021-2022 meski harus berbagi dengan Mohamed Salah.

Sejak era Premier League yang dimulai pada 1992-1993, banyak pemain dari berbagai belahan dunia yang terjun dan berkompetisi di kasta teratas sepak bola Inggris ini.

Alan Shearer masih berada di puncak tertinggi pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan 260 gol dan Wayne Rooney ditempat kedua dengan 208 gol.

Sejumlah pemain dari wilayah Asia juga tak mau absen dalam ambil bagian mentas di Liga Inggris, meskipun baru satu pemain yang menorehkan catatan impresif soal gol.

Striker Tottenham Hotspur, Son Heung-min berhasil meraih pencetak gol terbanyak Liga Inggris 2021-2022 dengan torehan 23 gol, sama dengan Mohamed Salah.

Meski demikian, catatan itu membawa sejarah sendiri bagi Son sebagai perwakilan pemain Asia, setelah selama ini beberapa pemain dari Asia hanya mampu menorehkan beberapa gol saja.

Dilansir dari Sportskeeda, berikut 4 pemain Asia yang memiliki kesempatan menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Inggris meskipun selain Son Heung-min meskipun belum mampu mewujudkannya.

1. Lee Chung-Yong (Korea Selatan - 8 Gol)

Lee Chung-Yong saat bermain untuk Crystal Palace. (AFP)
Lee Chung-Yong saat bermain untuk Crystal Palace. (AFP)

Mantan pemain Crystal Palace ini memulai kariernya di Liga Inggris bersama Bolton Wanderers di tahun 2009 dan berhasil menorehkan 150 laga di Premier League.

Lee Chung-yong bergabung Crystal Palace pada 2015 dan bertahan sampai usianya menyentuh angka 29 tahun, ia berada di urutan kelima dalam daftar pencetak gol terbanyak asal Asia di Liga Inggris.

Sementara di Liga Inggris, ia sukses mencetak tujuh gol bersama Bolton dan satu gol untuk Crystal Palace.

2. Shinji Okazaki (Jepang - 12 Gol)

Namanya melejit setelah memperkuat Leicester City pada 2015 dan membawa The Foxes merengkuh gelar Liga Inggris untuk pertama kalinya.

Okazaki tampil lebih dari 100 kali untuk Leicester City dan menjadi pencetak gol terbanyak ketiga dari Jepang.

Sementara bertengger di urutan keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak pemain Asia di Liga Inggris dengan 12 gol.

3. Ki Sung-Yeung (Korsel - 13 Gol)

Ki Sung-Yeung saat berseragam Swansea City. (AFP)
Ki Sung-Yeung saat berseragam Swansea City. (AFP)

Ekspansi pemain asal Korea Selatan di Liga Inggris pernah terjadi pada masanya, Ki Sung-Yeung yang saat itu membela Swansea City setelah dipinang dari Glasgow Celtic.

Ki menampilkan lebih dari 150 pertandingan dan di usianya yang ke-28 tahun ia menjadi pencetak gol terbanyak ketiga dari Asia di Liga Inggris.

Catatan 10 dari 13 gol selama berseragam Swansea dan tiga di antaranya dicetak saat menjalani masa peminjaman di Sunderland.

4. Park Ji-Sung (Korsel - 19 Gol)

Didatangkan ke Old Trafford dari PSV Eindhoven, Ji-Sung Park berakhir sebagai salah satu legenda Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

Kepercayaan bermain di bawah Ferguson dibayar tuntas dengan 19 gol di Liga Inggris, sebelum ia berlabuh ke Queens Park Rangers.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini