Boladunia

Profil Fabio Carvalho, Bintang Keturunan Timor Leste yang Resmi Gabung Liverpool

Liverpool resmi memboyong pemain keturunan Timor Leste

Irwan Febri Rialdi

Fabio Carvalho. (Dok. Fulham)
Fabio Carvalho. (Dok. Fulham)

Bolatimes.com - Liverpool resmi merekrut gelandang keturunan Timor Leste Fabio Carvalho untuk musim panas ini. The Reds memboyongnya dari Fulham.

Proses transfer Fabio Carvalho dijadwalkan akan selesai pada 1 Juli 2022 mendatang. Ia akan menjadi pemain baru tim besutan Jurgen Klopp.

Mengutip laman resmi klub, Senin (23/5/2022), penyerang berusia 19 tahun itu memainkan peran kunci dalam promosi Fulham kembali ke Liga Premier pada 2021-22.

Tercatat, dia mencetak 10 gol dan memberikan delapan assist dalam 36 pertandingan saat tim Marco Silva memenangkan gelar Championship.

Dia telah tampil untuk The Cottagers di papan atas pada empat kesempatan di musim sebelumnya, menandai awal Liga Premier pertamanya dengan gol tandang di Southampton pada Mei 2021.

Fabio Carvalho yang lahir di Portugal memulai debut untuk Timnas Portugal U-23 pada Maret tahun ini setelah sebelumnya mewakili Inggris di level junior.

Carvalho datang melalui jajaran akademi di Fulham dan hingga berakhirnya musim 2021/22 tercatat telah membukukan 44 penampilan di tim senior klub asal London tersebut..

Lantas, siapakah sosok Fabio Carvalho?

Profil Fabio Carvalho

Fabio Carvalho lahir di Torres Vedras, Portugal pada 30 Agustus 2002. Ia lahir dengan nama lengkap Fabio Leandro Freitas Gouveia Carvalho.

Nama lengkap Fabio Carvalho itu memiliki kemiripan dengan Gali Freitas, salah satu bintang andalan Timor Leste. Menurut laporan yang ada, pemain milik Fulham itu memang punya darah keturunan negara pecahan Indonesia tersebut.

Belum diketahui dari mana Fabio Carvalho mendapatkan darah Timor Leste. Hanya saja, akun media sosialnya seperti Instagram selalu dibanjiri dengan dukungan dari penduduk Timor Leste.

Terlepas dari hal tersebut, Fabio Carvalho sendiri lahir di Portugal dan tumbuh besar di Inggris. Hal ini diketahui dari statusnya sebagai Homegrown Player di Liga Inggris.

Fabio Carvalho hijrah bersama orang tuanya ke Inggris saat usianya baru 12 tahun. Sebelumnya ia tinggal di Portugal dan menimba ilmu sepak bola di sana.

Di Portugal, Fabio Carvalho tercatat pernah bermain di tim papan atas Portugal, Benfica U-9 sejak 2010 hingga 2013.

Barulah pada tahun 2015, Fabio Carvalho meneruskan mimpinya menjadi pesepak bola di Inggris setelah ia dan keluarganya hijrah dari Portugal.

Pada tahun tersebut, Fabio Carvalho bergabung dengan tim Fulham U-14. Seiring waktu, ia mampu menembus tim-tim kelompok umur lainnya hingga menembus tim utama The Cottagers.

Adapun debutnya bersama tim utama Fulham didapatkan Fabio Carvalho pada ajang Piala Liga Inggris atau Carabao Cup pada tanggal 23 September 2020.

Saat itu, Fabio Carvalho masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Anthony Knockaert di menit ke-78 kala melawan Sheffield Wednesday.

Usai melakukan debutnya di usia 17 tahun, Fabio Carvalho terus berlatih dan bermain bersama tim utama. Bahkan, dirinya dimainkan dalam empat laga terakhir di kancah Premier League 2020-2021.

Meski punya darah Timor Leste dan lahir di Portugal, karier internasional Fabio Carvalho malah dijalaninya bersama tim kelompok umur Inggris.

Pertama kali Fabio Carvalho membela Inggris di pentas internasional saat dirinya membela tim U-15, di mana ia mendapat debutnya pada 19 Desember 2016 atau saat usianya 14 tahun.

Setelah itu Fabio Carvalho terus membela Inggris dan selalu menjadi andalan baik di tim kelompok umur U-16, U-17 dan U-18.

Selama membela tim kelompok umur, Fabio Carvalho telah bermain sebanyak 29 kali dengan sumbangsih dua gol yang semuanya ia buat di tim U-16.

Berita Terkait

Berita Terkini