Boladunia

5 Bintang Timnas Amerika Serikat yang Kini Merumput di Eropa, Nomor 1 Andalan Chelsea

Berikut 5 pemain Timnas Amerika Serikat yang meraih sukses di Eropa.

Rauhanda Riyantama

Christian Pulisic resmi diperkenalkan ke publik Chelsea. (Twitter/@ChelseaFC)
Christian Pulisic resmi diperkenalkan ke publik Chelsea. (Twitter/@ChelseaFC)

Bolatimes.com - Berikut lima pesepak bola ternama asal Amerika Serikat yang mampu mencuri perhatian dengan tampil apik di kompetisi Eropa.

Amerika Serikat merupakan salah satu negara adidaya di dunia. Negara berjuluk Negeri Paman Sam ini, hampir menguasai seluruh sektor, terutama olahraga.

Banyak atlet yang menguasai beberapa cabang olahraga yang berasal dari Amerika Serikat, seperti Golf, Tenis, Basket, American Football dan Bisbol.

Namun dari seluruh cabang olahraga yang ada, Amerika Serikat selalu kesulitan menguasai sepak bola, terutama sepak bola putra, yang lebih didominasi negara-negara Eropa.

Sejatinya, Amerika Serikat pernah memiliki pesepak bola ternama. Sebut saja Clint Dempsey dan Landon Donovan. Hanya saja, di Eropa yang menjadi kiblatnya sepak bola, nama keduanya dianggap bak butiran debu.

Karenanya, Amerika Serikat saat ini mulai berbenah untuk mencetak bibit-bibit andalan demi bisa melahirkan seorang pesepak bola ternama di dunia.

Misi tersebut pun membuahkan hasil sejauh ini, dengan banyaknya pemain muda berbakat Amerika Serikat yang mulai merambah kompetisi top di Eropa.

Bahkan, salah satu pemain mudanya tersebut bisa meraih titel Liga Champions berkat ketajaman dan kreativitas yang dimiliki.

Berikut lima pesepak bola top Amerika Serikat yang bermain di Eropa.

1. Christian Pulisic (Chelsea)

Selebrasi Christian Pulisic (kiri) setelah mencetak gol untuk Chelsea dalam pertandingan Liga Inggris melawan Leeds United pada Rabu (11/5/2022) waktu setempat. ANTARA/Reuters/LEE SMITH
Selebrasi Christian Pulisic (kiri) setelah mencetak gol untuk Chelsea dalam pertandingan Liga Inggris melawan Leeds United pada Rabu (11/5/2022) waktu setempat. ANTARA/Reuters/LEE SMITH

Christian Pulisic merupakan salah satu bintang utama sepak bola putra Amerika Serikat sejak usianya masih belasan tahun, hingga kini berusia 23 tahun.

Di usia yang masih muda ini, Pulisic mampu menjadi wajah sepak bola Amerika Serikat. Bahkan dirinya telah didapuk sebagai kapten tim nasional.

Lahir dan besar di negara yang tak punya tradisi sepak bola, Pulisic mampu berbicara banyak di Eropa. Buktinya, ia menjadi aktor utama di balik keberhasilan Chelsea menjadi juara Liga Champions 2020-2021.

2. Giovanni Reyna (Borussia Dortmund)

Selain Pulisic, Amerika Serikat masih punya harapan besar di pemain muda bernama Giovanni Reyna yang bermain untuk Borussia Dortmund.

Reyna merupakan wonderkid Dortmund. Ia mampu mencuri perhatian saat debut bagi Die Borussen di usia 17 tahun 56 hari, mengalahkan rekor yang dibuat Pulisic.

Di usianya yang kini 19 tahun, ia menjadi pilar permainan Dortmund di beberapa musim terakhir. Bahkan, dirinya juga menjadi andalan di tim nasional Amerika Serikat.

3. Weston McKennie (Juventus)

Weston McKennie melongo saat melihat keseksian Diletta Leotta. (AFP)
Weston McKennie melongo saat melihat keseksian Diletta Leotta. (AFP)

Weston McKennie merupakan gelandang tengah terbaik Amerika Serikat saat ini. Hal ini tak lepas dari kiprahnya di Eropa bersama Schalke 04 dan Juventus.

McKennie sendiri menancapkan namanya saat Juventus arahan Andrea Pirlo meminjamnya dari Schalke 04 di musim 2020-2021.

Dalam masa peminjaman itu, pemain berusia 23 tahun ini tampil apik sehingga Juventus mempermanenkannya di musim panas 2021.

4. Sergino Dest (Barcelona)

Bergeser ke posisi bek, ada nama Sergino Dest yang merupakan penggawa tim nasional Amerika Serikat yang bermain untuk Barcelona.

Sergino Dest dicap sebagai salah satu bek kanan muda terbaik pada 2020 lalu. Hal ini membuat Barcelona dan Bayern Munich berebut mendapatkan tanda tangannya.

Barcelona pun akhirnya menjadi pemenang transfer pemain kelahiran Belanda itu. Ia sempat menjadi andalan, sebelum akhirnya kerap terpinggirkan di musim ini.

5. Tyler Adams (RB Leipzig)

Gelandang RB Leipzig, Tyler Adams (putih) saat berduel dengan pemain Bayern Munchen, Alphonso Davies. (Thomas KIienzle/AFP)
Gelandang RB Leipzig, Tyler Adams (putih) saat berduel dengan pemain Bayern Munchen, Alphonso Davies. (Thomas KIienzle/AFP)

Jerman seakan menjadi tempat untuk berkembangnya pemain Amerika Serikat. Selain Giovanni Reyna, saat ini di Bundesliga ada nama Tyler Adams yang membela RB Leipzig.

Tyler Adams datang ke RB Leipzig pada 2019 silam dari New York Red Bulls. Di awal kepindahannya, ia sulit bersaing dengan para pilar Die Roten Bullen.

Namun, lambat laun Tyler Adams mampu membuktikan kapasitasnya dan berhasil menjadi salah satu andalan RB Leipzig di musim ini.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini