Boladunia

Pertama Kali dalam Sejarah, Wasit Wanita Resmi Ditugaskan di Piala Dunia 2022 Qatar

Total ada tiga wasit wanita yang akan bertugas di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Wasit asal Prancis, Stephanie Frappart akan memimpin laga Piala Super Eropa antara Liverpool vs Chelsea, Kamis (14/8/2019) dini hari nanti. [DAMIEN MEYER / AFP]
Wasit asal Prancis, Stephanie Frappart akan memimpin laga Piala Super Eropa antara Liverpool vs Chelsea, Kamis (14/8/2019) dini hari nanti. [DAMIEN MEYER / AFP]

Bolatimes.com - Belum digelar tapi Piala Dunia 2022 sudah membuat gempar dengan keputusan mengejutkan memilih wasit wanita bertugas di turnamen akbar sepak bola dunia ini.

Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memutuskan untuk menggunakan tiga wasit dan tiga asisten wasit wanita untuk Piala Dunia 2022 Qatar tahun ini.

FIFA mengizinkan wasit wanita untuk mencatatkan debut di Piala Dunia 2022, keputusan ini merupakan sebuah terobosan dalam hak kesetaraan gender dalam sepak bola.

Dilansir dari The Guardian, tiga wasit wanita yang bertugas masing-masing berasal dari Jepang, Prancis, Rwanda, Amerika Serikat, Brasil dan Meksiko.

Stephanie Frappart dari Perancis, Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang termasuk dari 36 wasit di Piala Dunia 2022.

Neuza Back dari Brasil, Karen Diaz Medina dari Meksiko dan Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat yang bertugas sebagai asisten wasit dari total 69 asisten wasit.

Pierluigi Colina selaku Kepala Wasit FIFA menyebut terobosan ini dibuat setelah dilakukan pemilihan secara adil dan tanpa memandang gender.

"Hasil dari proses panjang yang dimulai beberapa tahun lalu untuk mendelegasikan tugas kepada wasit wanita di turnamen top FIFA," ucap Colina.

"Kami peduli dengan kualitas dan nilai, bukan gender. Saya berharap ke depan, pemilihan wasit wanita untuk turnamen sepak bola pria akan dianggap sebagai hal yang biasa.''

"Bukan kejutan lagi," imbuhnya.

Frappart menjadi nama wasit wanita yang mendapat sorotan tersendiri, hal itu tak lepas karena pengalamannya bertugas di laga Piala Super Eropa antara Liverpool melawan Chelsea.

Selain itu Frappart juga merupakan wasit yang memimpin final Piala Dunia Wanita 2019 lalu, menarik dinantikan bagaiman kiprah para wasit wanita di Piala Dunia 2022.

Bukan kesempatan yang tidak banyak muncul dan didapat, sehingga para wasit wanita ini harus lebih percaya diri dalam bertugas di Piala Dunia Qatar.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini