Boladunia

5 Pesepak Bola Serba Bisa yang Bisa Mainkan Banyak Posisi, Ada David Alaba

David Alaba tercatat bisa memainkan enam posisi berbeda.

Rauhanda Riyantama

Bek Real Madrid, David Alaba. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Bek Real Madrid, David Alaba. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Bolatimes.com - Salah satu kemampuan langka yang tak banyak dimiliki oleh seorang pesepak bola ialah mampu memainkan banyak posisi di atas lapangan.

Pasalnya, pemain serbabisa yang bisa diplot di berbagai posisi yang berbeda menjadi salah satu kekuatan dan keuntungan tersendiri.

Sebab, pemain yang mempunyai kemampuan multiposisi itu bisa dipasang di manapun sesuai dengan kebutuhan taktik dan strategi tim.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pesepak bola dunia serbabisa yang bisa memainkan banyak posisi.

1. David Alaba

Pemain Bayern Munchen, David Alaba (tengah) merayakan gol ke gawang Spartak Moskowe di Liga Champions 2012/2013 (AFP)
Pemain Bayern Munchen, David Alaba (tengah) merayakan gol ke gawang Spartak Moskowe di Liga Champions 2012/2013 (AFP)

David Alaba awalnya memang mencuat sebagai bek kiri saat dia masih bermain bersama Bayern Munich pada awal 2010 lalu.

Setelah mulai nyaman bermain di posisi itu, ia justru dicoba untuk memainkan enam posisi lainnya, termasuk tampil sebagai gelandang serang. Kini, Alaba lebih banyak bermain sebagai bek tengah.

2. Ruud Gullit

Gelandang timnas Belanda dan AC Milan yang dikenal nyentrik ialah Ruud Gullit. Pemain ini dikenal sebagai sosok yang bisa bermain di banyak posisi.

Kemampuan multiposisi itu dibuktikan saat Gullit mampu bermain di sembilan posisi yang berbeda, termasuk sebagai sweeper dan bek tengah.

Meskipun demikian, posisi favoritnya tetaplah di lini serang. Ia bisa dipasang sebagai winger kanan atau penyerang tengah.

3. Alessandro Florenzi

Pemain AS Roma, Alessandro Florenzi (AFP)
Pemain AS Roma, Alessandro Florenzi (AFP)

Apabila membahas pemain yang mampu dipasang di banyak posisi, tentu rasanya kurang pas kalau tak menyebut nama Alessandro Florenzi.

Bek senior asal Italia ini memang lebih banyak berfungsi sebagai bek serep di setiap klub yang disinggahinya. Namun, ia bisa dipasang di mana saja, mulai dari belakang, tengah, hingga depan.

Meskipun bisa bermain di semua lini, tetapi Florenzi kurang bisa maksimal saat bermain di sisi kiri. Karena, itulah letak kaki lemahnya.

4. James Milner

Sepanjang kariernya mengolah kulit bundar. James Milner sudah pernah bermain di sembilan posisi yang berbeda di atas lapangan.

Milner pernah diplot untuk mengisi winger kiri, winger kanan, dan semua sisi di sektor lini tengah, mulai itu RM, LM, CM, CAM, dan CDM.

Selain itu, ia bisa saja dipasang sebagai bek kanan atau kiri. Namun, posisi favoritnya tetap berada di sektor gelandang tengah.

5. Ashley Young

Selebrasi Ashley Young saat berhasil mencetak gol ke gawang Lazio. (Andreas Solaro/AFP).
Selebrasi Ashley Young saat berhasil mencetak gol ke gawang Lazio. (Andreas Solaro/AFP).

Ashley Young menjadi salah satu pesepak bola dunia yang dikenal karena kemampuannya untuk mengisi setiap posisi yang ada di atas lapangan.

Sepanjang kariernya, hanya ada dua posisi yang sama sekali belum pernah dimainkan oleh eks-pemain Manchester United tersebut, yakni kiper dan gelandang bertahan.

Artinya, pemain yang kembali memperkuat Aston Villa pada musim 2021/2022 itu sudah merasakan banyak posisi sepanjang kariernya.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini