Boladunia

Fakta Menarik Erik ten Hag, Pelatih Baru Manchester United yang Lahir dari Keluarga Super Kaya

Ayah Erik ten Hag adalah pengusaha sukses di bidang properti.

Rauhanda Riyantama

Pelatih baru Manchester United, Erik ten Hag. [Ina Fassbender / AFP]
Pelatih baru Manchester United, Erik ten Hag. [Ina Fassbender / AFP]

Bolatimes.com - Siapa sangka jika Erik ten Hag yang baru saja ditunjuk sebagai manajer anyar Manchester United merupakan sosok yang bergelimang harta sedari kecil.

Setelah kabar resmi Erik ten Hag menjadi manajaer Manchester United tersebar, merebak pula bayaran detail kontrak hingga bayaran pria asal Belanda itu.

Melalui laman resmi klub, Manchester United mengonfirmasi Erik ten Hag menandatagani kontrak berdurasi tiga tahun dengan opsi satu tahun.

Menjadi pelatih asal Belanda kesembilan di Premier League dengan gaji 9 juta poundsterling atau sekitar Rp167 miliar per tahun selama di Old Trafford.

Dilansir dari Daily Star, Ten Hag ternyata memutuskan untuk tidak menerima bayaran dari Man United, namun hal itu tidak memengaruhi kehidupannya.

Hal ini tak lepas dari latar belakang Erik yang ternyata berasal dari keluarga super kaya di Belanda dengan sang ayah yang merupakan pengusaha properti papan atas.

Ayah Ten Hag mendirikan perusahaan tersebut pada 1967, berkembang pesat hingga menghasilkan beberapa anak perusahaan dan kini menjadi grup konglomerasi.

Sementara beberapa saudara laki-laki Ten Hag memegang kendali penuh atas berjalannya perusahaan tersebut dengan jabatan sebagai dewan direksi.

Hennie Ten Hag selaku sang ayah sebenarnya sangat menginginkan Erik masuk ke dalam bisnisnya, namun sayang sang putra justru tidak memiliki ketertarikan.

Erik justru memilih pergi ke lapangan memainkan hobinya, berawal dari keisengannya hingga membuat dirinya terkenal dan namanya dikenal di seantero Belanda.

Setelah mengarungi karier sebagai pemain di FC Twente, De Graafschap, RKC Waalwijk dan FC Utrecht sebelum akhirnya pensiun di usia 32 tahun.

Sama seperti sang ayah yang luar biasa di dunia bisnis, Erik berkembang menjadi ahli strategi dalam sepak bola jempolan dan diincar banyak klub besar.

Dua gelar Erediviese dan dua Piala KNVB sudah diberikan Erik ten Hag untuk Ajax Amsterdam, selain itu ia juga membawa raksasa Belanda mencapai semifinal Liga Champions 2018-2019.

Kini magisnya dibutuhkan Man United yang mencoba bangkit dari keterpurukan, selain sebuah kehormatan juga sekaligus tantangan bagi pria berkepala plontos itu.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini